FAKTOR-FAKTOR MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA APLIKASI SHOPEE

  • Krishna Purnamasari Putu Ayu
  • I Ketut Puja Wirya Sanjaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Gede Sanjaya Adi Putra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan dalam melakukan analisis atas elemen-elemen yang berperan dalam memengaruhi kecenderungan penggunaan sistem informasi akuntansi yang berbasis e-commerce pada platform Shopee. Peneliti memilih menggunakan jenis data primer untuk diolah sebagai data penelitian. Prosedur pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang berjumlah 135 responden dan memenuhi syarat sebagai sampel penelitian yang diperoleh dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Metode yang diterapkan adalah analisis regresi linear berganda dengan penggunaan perangkat lunak analisis data 25 SPSS for windows. Peneliti mendapatkan beberapa poin sebagai hasil penelitian di antaranya yaitu persepsi kemudahan, persepsi manfaat, kepercayaan, dan sikap terhadap penggunaan berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap kecenderungan penggunaan sistem informasi akuntansi yang berbasis e-commerce di aplikasi Shopee. Adapun berbeda dengan hasil temuan lain, persepsi terhadap risk tidak memiliki pengaruh terhadap kecenderungan penggunaan sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce pada aplikasi yang sama.

References

Andini, K. N. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online Platform E-Commerce Shopee (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Asiah, N. (2019). Penerapan Manajemen Risiko Usaha Ternak Ayam Potong Dikecamatan Bathin Solapan Ditinjau Menurut Persepektif Ekonomi Islam. Jurnal Economic Syariah, 4 (1).

Jogiyanto, H. M. (2019). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Erlangga.

Lasiba, R., Diana, N., & Afifudin, A. (2022). Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Aplikasi Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang & Universitas Negeri Malang). e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 11(02).

Putri, A. N. S. (2019). Pengaruh Kepercayaaan, Resiko, Manfaat dan Pendapatan terhadap Minat penggunaan E-payment. E-Jurnal. Yogyakarata: Universitas Islam Indonesia.

Romney, M. B. & Steinbart, P. J. (2021). Accounting Information Systems (15th Global Edition). New Jersey: Pearson.

Published
2024-07-16
How to Cite
Putu Ayu , K. P., Puja Wirya Sanjaya, I. K., & Sanjaya Adi Putra, G. (2024). FAKTOR-FAKTOR MINAT PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE PADA APLIKASI SHOPEE. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 5(1), 28-33. https://doi.org/10.22225/jraw.5.1.10008.28-33
Abstract viewed = 49 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 48 times