Pendampingan Keluarga Balita Stunting di Desa Selulung Kecamatan Kintamani

  • Ni Wayan Sri Ekayanti FKIK WARMADEWA
Keywords: stunting, penyuluhan, gizi seimbang

Abstract

ABSTRAK

Stunting merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang berdampak buruk terhadap kesehatan, intelegensia, dan masa depan anak. Pemberian makanan pada bayi, pola asuh yang kurang tepat serta penyediaan air bersih yang kurang baik merupakan penyebab utama terjadinya stunting. Mitra dari program pendampingan ini adalah keluarga balita stunting dan yang berpotensi stunting di Desa Selulung, Kintamani, Bangli. Permasalahan prioritas yang akan ditangani adalah asupan zat gizi pada anak balita masih di bawah angka kecukupan gizi anak, serta keterampilan pembuatan makanan pendamping ASI yang sehat dan bergizi dari bahan pangan lokal masih kurang. Solusi yang diusulkan untuk masalah kekurangan asupan gizi pada anak balita adalah peningkatan pengetahuan ibu balita tentang pola asuh dan makanan sehat anak balita serta keterampilan pembuatan makanan pendamping ASI (MPASI) dari bahan pangan lokal serta pemberian bantuan paket gizi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, diskusi dan pelatihan. Pelaksanaan program diawali dengan pretest untuk menilai pemahaman awal sebelum diberikan penyuluhan, dilanjutkan dengan pemaparan materi penyuluhan, pelatihan pembuatan MPASI, diskusi dan diakhiri dengan posttest. Hasil kegiatan ini berupa peningkatan pengetahuan ibu balita sekitar 30% mengenai gizi seimbang, pola asuh pada balita dan peningkatan kemampuan dalam mengolah makanan tambahan untuk balita. Evaluasi dilakukan dengan memberikan pertanyaan posttest setelah pelaksanaan program.

Kata kunci : stunting, gizi seimbang, mpasi

References

1. Adelina FA, Widajanti L, Nugraheni AS. Hubungan Pengetahuan Gizi Ibu, Tingkat Konsumsi Gizi, Status Ketahanan Pangan Keluarga Balita Stunting (Studi pada Balita Usia 24-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Duren Kabupaten Semarang). J Kesehat Masy [Internet]. 2018;6(5):361–9. Available from: https://ejournal3.undip.ac.id/index.ph
2. RS UNS. Yuk, Cegah Stunting dengan Protein Hewani! Artik Ber [Internet]. 2023;1(1):16–26. Available from: https://rs.uns.ac.id/yuk-cegah-stunting-dengan-protein-hewani/#:~:text=Ikan dan hasil laut%2C unggas,bagi bayi untuk mencegah stunting.
3. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia/Kemenkes RI. Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf [Internet]. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2018. p. 674. Available from: http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf
4. Rosha BC, Sari K, SP IY, Amaliah N, Utami NH. Peran Intervensi Gizi Spesifik dan Sensitif dalam Perbaikan Masalah Gizi Balita di Kota Bogor. Bul Penelit Kesehat. 2016;44(2):127–38.
Published
2024-05-31
Section
Articles
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 18 times