Pendampingan Keluarga Balita Menggunakan Media Ajar Interaktif, pada Desa Selulung, Kecamatan Kintamani

  • Adi Pratama Putra Bagian Pendidikan Kedokteran, Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Luh Gede Evayanti Bagian Anatomi, Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Ni Wayan Diana Ekayanti Bagian Ilmu Pendidikan Kedokteran, Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas WarmadewaDenpasar, Bali, Indonesia
Keywords: Posyandu, Media Ajar Interaktif, Stunting, Balita

Abstract

Banjar Nyawah merupakan salah satu wilayah yang menjadi sasaran pelaksanaan program kemitraan masyarakat. Sebanyak lima keluarga balita yang ada di Banjar Nyawah yang menjadi mitra dari program kemitraan ini. Permasalahan prioritas yang mereka tetapkan adalah: 1) mencegah asupan gizi pada anak balita di bawah angka kecukupan gizi (AKG) dan 2) pengetahuan dan keterampilan tentang makanan sehat untuk anak balita masih kurang. Solusi yang diusulkan adalah: 1) pemberian paket gizi dengan protein tinggi, 2) penyuluhan pembuatan makan sehat dari bahan lokal. Kegiatan PKM ini akan dilakukan secara bertahap mulai dari kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan, pemberian bantuan paket gizi, dan evaluasi. Pada awal kegiatan akan dilakukan sosialisasi kepada semua pihak yang terkait untuk menjelaskan maksud dan tujuan PKM, sasaran dan metode kegiatan serta peran dari semua pihak yang terlibat. Selanjutnya akan dilakukan pelatihan penggunaan media interaktif kepada tenaga kesehatan pendamping ibu balita tentang makan sehat sesuai isi piringku, pola asuh dan latihan cara membuat makanan sehat dari bahan pangan lokal untuk anak balita. Setelah itu akan dilakukan pemberian paket gizi berupa susu tinggi protein. Hasil kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan ibu tentang makanan sehat dan gizi, serta berdampak positif dengan bantuan paket gizi untuk enam balita di Kecamatan Kintamani, serta menciptakan perubahan nyata dalam meningkatkan kesehatan dan gizi anak-anak di wilayah tersebut.

References

Chen, L. et al. (2021) ‘Implementing H5P online interactive Activities at scale’, ASCILITE Publications, pp. 81–92.
Holcomb, Z. (2016) Fundamentals of descriptive statistics. Routledge.
Jacob, T. and Centofanti, S. (2023) ‘Effectiveness of H5P in improving student learning outcomes in an online tertiary education setting’, Journal of Computing in Higher Education, pp. 1–17.
Kusumawardani, H.D. and Ashar, H. (2022) ‘Food consumption patterns for children under two years (Toddler) in areas with high stunting prevalence’, in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. IOP Publishing, p. 012071.
Mutawa, A.M., Al Muttawa, J.A.K. and Sruthi, S. (2023) ‘The effectiveness of using H5P for undergraduate students in the asynchronous distance learning environment’, Applied Sciences, 13(8), p. 4983.
Nix, R.L. et al. (2021) ‘Improving toddlers’ healthy eating habits and self-regulation: A randomized controlled trial’, Pediatrics, 147(1).
Permatananda, P.A.N.K., Pandit, I.G.S. and Riandra, N.P.I.K. (2023) ‘Pencegahan Stunting Pada Kelompok Posyandu Desa Bayung Gede, Kintamani’, Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), pp. 257–261.
Puspita, N. et al. (2015) ‘Prevalensi dan faktor risiko depresi pada lansia di Desa Selulung Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun 2014’, E-Jurnal Medika Udayana, 3(11), pp. 1–23.
Rahmi, U., Fajri, B.R. and Azrul, A. (2024) ‘Effectiveness of Interactive Content with H5P for Moodle-Learning Management System in Blended Learning’, Journal of Learning for Development, 11(1), pp. 66–81.
Varakina-Mitrail, K. et al. (2020) ‘How does the food in the first 1000 days affect infant and toddler brain development?’, Functional Foods in Health and Disease, 10(10), pp. 419–427.
Published
2024-05-30
Section
Articles
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 10 times