Ketrampilan Bagi Pelatih dan Official Berbagai Cabang Olahraga Mengenai Bantuan Hidup Dasar

  • Ni Wayan Rusni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
  • Tanjung Subrata Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
  • Asri Lestarini Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia
Keywords: keterampilan, pelatih, RJP, olahraga

Abstract

Risiko cedera mulai dari ringan hingga fatal dapat saja terjadi pada setiap aktifitas fisik termasuk dalam kompetisi olahraga. Oleh karena itu, ketepatan dan kecepatan pertolongan yang diberikan menentukan proses penyembuhan pada cedera yang dialami. Komplikasi yang lebih parah dapat saja terjadi apabila terjadi kesalahan ketika pertama kali dilakukan pertolongan. Untuk menghindari hal tersebut adalah menjadi sangat penting bagi official pertandingan mendapatkaan pelatihan dalam upaya memberikan pertolongan untuk pertama kalinya, terlebih lagi official lah  yang bertugas mendampingi atlet saat pertandingan. Pelatihan yang diberikan berupa keterampilan resusitasi jantung paru (RJP) dan first aid training, menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan peserta yang signifikan (p=0,000) yang dianalisis dari hasil pretest dan postest setelah pemeberian materi dan pelatihan diberikan. Selain itu peserta pelatihan tampak sangat antusias mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan. Observasi langsung dilakukan saat kegiatan memperlihatkan banyak peserta yang mengajukan pertanyaan serta tingginya antusiasme peserta untuk langsung mencoba melakukan kegiatan simulasi yang telah diajarkan.

Author Biography

Ni Wayan Rusni, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali - Indonesia

References

American Heart Association Guidelines Update for Cardiopulmonary Resuscitation and Emergency Cardiovascular Care, 2015. Adult Basic Life Support and Cardiopulmonary Resuscitation Quality. Circulation, 132(2):S414-435

American RedCross, 2015. American Red Cross Basic Life Support for Healthcare Providers Handbook. The American National RedCross.

Published
2024-01-24
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 36 times