Penyuluhan Kader Dasawisma Mengenai Tertib Kelola Pangan dengan Metode Food Preparation di Masa Pandemi Covid-19 di Desa Dangintukadaya

  • Ni Made Hegard Sukmawati Fakultas Kedokteran Universitas Warmadewa
  • Anny Eka Pratiwi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Luh Gede Pradnyawati Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
  • Dewa Ayu Putu Ratna Juwita Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa
Keywords: food preparation, penyimpanan makanan, kelola pangan

Abstract

Survey terhadap ibu-ibu PKK di Banjar Sebual, Desa Dangintukadaya, Kabupaten jembrana, diketahui bahwa permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat selama pandemi Covid-19 adalah perekonomian dan kemampuan daya beli. Penurunan aktivitas pariwisata di Bali berimbas kepada budget pembelanjaan pangan bagi keluarga, dan penyediaan makanan bergizi dan seimbang. Adanya pembatasan sosial dan kekhawatiran akan risiko terinfeksi virus Covid-19 juga menyulitkan para ibu-ibu untuk berbelanja bahan pangan secara rutin. Kegitan Penyuluhan Tertib Kelola Pangan dengan Metode Food Preparation di Masa Pandemi Covid-19 bagi kader Dasawisma di Desa Dangintukadaya diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan kader PKK di banjar ini mengenai kelola pangan selama masa pandemi. Pelaksanaan kegiatan dalam program ini meliputi presentasi materi, pemutaran video peraga, dan tanya jawab terkait dengan teknik Food prep. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui evaluasi kehadiran, partisipasi aktif kader, pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan. Hasil: berjalan dengan lancar dan peserta telah memiliki pengetahuan yang cukup untuk melakukan pengelolaan pangan dengan metode food preparation. Hasil evaluasi terhadap pengetahuan peserta terkait metode food preparation menunjukkan peningkatan pengetahuan yang terukur dari kenaikan rerata skor awal 22 (pre-test) menjadi 79 (post-test). Kepuasan peserta terhadap keberlangsungan program diukur secara kualitatif melalui penyampaian feedback dari peserta dan peserta menyatakan puas dengan kegiatan ini dan menyatakan manfaat dari informasi yang disampaikan.

Author Biography

Ni Made Hegard Sukmawati, Fakultas Kedokteran Universitas Warmadewa

References

Middleton E. Effect of plant flavonoids on immune and inflammatory cell function. Flavonoids in the living system. 1998:175-82.

Middleton Jr E, Kandaswami C. Effects of flavonoids on immune and inflammatory cell functions. Biochemical pharmacology. 1992;43(6):1167-79.

Peluso I, Miglio C, Morabito G, Ioannone F, Serafini M. Flavonoids and immune function in human: a systematic review. Critical reviews in food science and nutrition. 2015;55(3):383-95.

Calder PC. Nutrition, immunity and COVID-19. BMJ Nutrition, Prevention & Health. 2020;3(1):74.

Mishra S, Patel M. Role of nutrition on immune system during COVID-19 pandemic. J Food Nutr Health 2020 3 (2) J Food Nutr Health 2020 Volume 3 Issue. 2020;2.

Muscogiuri G, Barrea L, Savastano S, Colao A. Nutritional recommendations for CoVID-19 quarantine. European journal of clinical nutrition. 2020;74(6):850-1.

Ranasinghe C, Ozemek C, Arena R. Exercise and well-being during COVID 19–time to boost your immunity. Expert Review of Anti-infective Therapy. 2020;18(12):1195-200.

Committee BCA. Food Safety, Sanitation, and Personal Hygeine: BC Campus; 2015.

Brown AC. Understanding food: principles and preparation: Cengage learning; 2018.

Published
2024-01-20
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 44 times