Penyuluhan Protokol Kesehatan COVID-19 dan Assessment Daring pada Guru Sekolah Dasar di Denpasar

  • Putu Arya Suryanditha Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa University
  • Ni Wayan Widhidewi Universitas Warmadewa
  • Anak Agung Sagung Ayu Santhi Sueningrum Universitas Warmadewa
  • Dewa Putu Widjana Universitas Warmadewa
Keywords: COVID-19, Assessment, sekolah, guru

Abstract

Pandemik COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia yang berdampak di berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Pandemik ini berdampak pada proses pembelajaran guru dan murid utamanya pendidikan sekolah dasar. Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Panjer merupakan salah satu sekolah dasar di wilayah Kecamatan Denpasar Selatan. Masalah prioritas pengabdian masyarakat ini antara lain masih kurangnya sosialisasi pembelajaran tatap muka dan penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan penularan COVID-19 serta peningkatan kapasitas guru mengenai metode assessment daring. Berdasarkan prioritas masalah tersebut maka solusi yang ditawarkan adalah penyuluhan protokol kesehatan COVID-19 di sekolah dan metode assessment secara daring. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan secara luring di SD Negeri 2 Panjer dengan menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan pre-test. Pemaparan materi diberikan terkait protokol kesehatan COVID-19 di sekolah dan assessment daring bagi guru menggunakan Google Forms. Kegiatan dilanjutkkan dengan tanya jawab dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan rerata nilai pre-test dan post test (83,84 menjadi 92,30). Tim pengabdian juga menyerahkan investasi kepada mitra berupa alat-alat kesehatan dan sarana pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian masyarakat berjalan dengan baik dan diperoleh peningkatan pengetahuan mitra terkait protokol kesehatan COVID-19 di sekolah dan penggunaan metode assessment daring. Pendampingan lanjutan perlu dilakukan terhadap sekolah dasar untuk kegiatan pembelajaran tatap muka di masa pandemik COVID-19.

References

Masonbrink AR, Hurley E. Advocating for children during the COVID-19 school closures. Pediatrics. 2020;146:e20201440.

Purwanto A, Pramono R, Asbari M, Hyun CC, Wijayanti LM, Putri RS. Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns J Educ Psychol Couns. 2020;2:1–12.

Supono T, Tambunan W. Kesiapan Penerapan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Sekolah Dasar Pangudi Luhur Jakarta Selatan. J Manaj Pendidik. 2021;10:57–65.

Susanti S, Ariyanti M, Fathudin Y. Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Dasar. J Med Cendikia. 2022;9:14–32.

Djamdjuri DS, Kholisah F. Pendampingan optimalisasi penggunaan google form untuk pembelajaran daring di masa pandemi. Penamas J Community Serv. 2022;2:57–66.

Mulatsih B. Application Of Google Classroom, Google Form And Quizizz In Chemical Learning During The Covid-19 Pandemic. Ideguru J Karya Ilm Guru. 2020;5.

Munawaroh RZ, Prastowo A, Nurjanah M. Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring. JISIP J Ilmu Sos Dan Pendidik. 2021;5.

Widhidewi NW, Suryanditha PA, Apsari PIB, Sutisna P. Program Kemitraan Masyarakat Pada Kelompok Guru Sekolah Dasar Tunas Harapan Jaya Dalam Penerapan Protokol Pencegahan Infeksi Covid-19. Bul Udayana Mengabdi. 21:21–6.

Published
2024-01-24
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 29 times