Pelatihan Bantuan Hidup Dasar dalam Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan Pertolongan Pertama di Puskesmas

  • Ratna Juwita Dewa Ayu Putu FKIK Universitas Warmadewa
  • Luh Gede Pradnyawati
  • Anny Eka Pratiwi
  • Ni Made Hegard Sukmawati
Keywords: basic life support, kegawatdaruratan, puskesmas

Abstract

Abstrak

Pelatihan bantuan hidup dasar adalah suatu tindakan darurat untuk membebaskan jalan napas, membantu pernapasan, dan mempertahankan sirkulasi darah tanpa menggunakan alat bantu. Kondisi medis kegawatdaruratan ini merupakan kondisi yang memerlukan pertolongan medis yang cepat untuk menyelamatkan nyawa dan mencegah kecacatan lebih lanjut. Tenaga medis di Instalasi Gawat Darurat merupakan lini pertama penolong pasien dengan keadaan emergensi. Tenaga medis ini memiliki alur penerimaan pasien, triase, resusitasi, dan stabilisasi. Sebagai unit yang memberikan pelayanan emergensi, tenaga medis yang ditugaskan haruslah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup dan cekatan untuk melakukan pertolongan pertama. Puskesmas III Denpasar Selatan merupakan Puskesmas yang terletak di Kota Denpasar yang juga melakukan pelayanan kegawatdaruratan di dalamnya. Pelatihan rutin kegawatdaruratan penting untuk dilakukan sebagai dasar ilmu penatalaksanaan pasien gawatdarurat di Puskesmas. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari dengan sasaran tenaga medis di Puskesmas. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop kegawatdaruratan. Kegiatan ini dilakukan diawali dengan pemberian materi kegawatdaruratan, elektrokardiogram dan pelatihan skill batuan hidup dasar (BHD). Kegiatan juga diawali dengan pre test dan diakhiri dengan post test. Pelatihan diikuti oleh 22 tenaga medis dengan  rentang usia 20-40 tahun dan nilai pre tes awal 83% dan nilai akhir 96%. Dari hasil observasi juga didapatkan peningkatan keterampilan elektrokardiogram dan teknik basic life support. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan diharapkan untuk rutin diselenggarakan.

References

Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Profil Kesehatan Kota Denpasar Tahun 2021 [Internet]. Dinas Kesehatan Kota Denpasar. 2021. Available from: https://www.dinkes.denpasarkota.go.id/public/uploads/download/download_222107010739_laporan-profil-dikes-2021.pdf

Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Profil Puskesmas III Denpasar Selatan [Internet]. Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Available from: https://www.puskesmasdensel3.denpasarkota.go.id/page/read/181

Paul A, Januraga PP. Evaluasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan Di Puskemas Iii Denpasar Selatan Dan Jaringannya Di Denpasar, Bali. Arch Community Heal. 2021;8:425–36.

Subrata T, Rusni NW, Lestarini A. Pelatihan Teknik Imobilisasi Cedera Leher Kepada Pelatih dan Official Cabang Balap Motor di KONI Kabupaten Badung. Warmadewa Minesterium Med J. 2022;1(1):1–6.

Subrata T, Sumadewi KT, Datya AI. First Aid Training on Near Drowning and Emergency System Activation to Employees of Hotel Quest San Denpasar. Community Dev J. 2023;7(2):97–103.

Subrata T, Wayan Rusni N, Mahardika H. Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Olahraga dan Pelatihan Pemasaran Digital kepada Karyawan Fitness Plus Gatsu Denpasar. J WMMJ Warmadewa Minesterium Med J. 2023;2(1):27–32.

Ullah I, Kaleem M, Aamir SM. Effectiveness of peer tutoring on the academic achievements of tutors and tutees with respect to knowledge, comprehension and application levels of cognitive domain. FWU J Soc Sci. 2020;14(4):68–79.

Agustini NLPIB, Suyasa IGPD, Wulansari NT, Dewi IGAPA, Rismawan M. Penyuluhan Dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar. J Parad. 2020;1(2):68–74.

Nugroho NT, Azalea S, Widyaningsih YA, Rahmapuspita, Damanik J, Suprapto AP, et al. Efektivitas Bantuan Hidup Dasar Untuk Teaga Kesehatan Indonesia. ARKAVI [Arsip Kardiovask Indones. 2018;3(1).

Published
2023-09-28
Abstract viewed = 127 times
PDF downloaded = 166 times