Higiene Sanitasi Makanan dan Lingkungan Di Kantin Kampus X

  • Anak Agung Ayu Lila Paramasatiari Universitas Warmadewa
  • Putu Arya Suryanditha
  • I Komang Medy Wedhangga Universitas Warmadewa
Keywords: Higiene,sanitasi, makanan, lingkungan

Abstract

Kesehatan individu dipengaruhi beberapa aspek kehidupan seperti  aspek nutrisi, aspek  gaya hidup dan lingkungan. yang sehat. Higiene sanitasi makanan dipengaruhi oleh aspek nutrisi dan kesehatan lingkungan yang dapat mencegah  penyakit yang ditimbulkan akibat kontaminasi makanan oleh mikroorganisme. Kantin merupakan tempat memberikan pelayanan kepada mahasiswa dalam menjajakan makanan jajanan yang mendukung kegiatan pembelajaran di kampus. Makanan jajanan dapat terkontaminasi oleh patogen melalui penjamah makanan yang kurang memperhatikan hygiene sanitasi. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada penjamah makanan di kantin dalam mencegah penularan foodhandler diseases. Metode pengabdian ini dilakukan dengan melakukan penyuluhan dan diskusi kepada penjual makanan oleh narasumber dari puskesmas dan pendampingan dalam penggunaan alat pelindung diri untuk mencegah kontaminasi dari penjamah makanan ke makanan yang di jual. Berdasarkan hasil dari pengabdian ini, pengetahuan penjamah makanan mengenai hygiene sanitasi di kantin mengalami peningkatan dari 10 pertanyaan yang diajukan pada pretest dan posttest serta seluruh penjamah makanan dapat menggunakan alat pelindung diri dalam melakukan penyajian makanan setelah dilakukan pendampingan.

References

Laras Cempaka, Afifah Amalia Rizki NA. Knowledge, Attitudes and Practices Regarding Food Hygiene and Sanitation of Food Street Handlers in the Public Elementary School at Greater Jakarta. Indones Asia Pacific J Sustain Agric Food Energy. 2019;2(7):1–8.

Fatchoelqorib M, Aqshani WP. Aspek Hygiene Dan Sanitasi Dalam Pengolahan Dan Penyajian Makanan Dan Minuman Di Pesawat Terbang. Aviasi J Ilm Kedirgant. 2020;16(1):31–42.

Permatasari I, Handajani S, Sulandjari S, Faidah M, Info A. Faktor Perilaku Higiene Sanitasi Makanan Pada Penjamah Makanan Pedagang Kaki Lima. J Tata Boga [Internet]. 2021;10(2):223–33. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/

Lubis NDA, Amelia S, Arrasyid NK, Rozi MF. Bacterial Assessment among Traditional Food Handlers and Their Behavior Related to Hygiene and Sanitation. 2020;(January):462–6.

Anak Agung Ayu Lila Paramasatiari, Putu Indah Budiapsari, Putu Arya Suryanditha, Ni Wayan Widhidewi. Identification of Pathogenic Bacteria in Food Samples from Cafeterias of A University in Denpasar, Indonesia. Folia Medica Indones. 2022;58(4):313–7.

Astuti. DS dan FD. Higiene dan Sanitasi pada Pedagang Angkringan di Kawasan Malioboro Yogyakarta. Kedokt dan Kesehatan. 2019;15(1):70–81.

Dyah Suryani, Adi Heru Sutomo and ATA. Factors Associated with Food Safety Practices on Food Handlers in Primary School Canteens. Unnes J Public Heal [Internet]. 2019;8(1). Available from: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph

Rahmadhani D, Sumarmi S. Gambaran Penerapan Prinsip Higiene Sanitasi Makanan Di PT Aerofood Indonesia, Tangerang, Banten. Amerta Nutr. 2017;1(4):291.

Atmoko. TPH. Peningkatan Higiene Sanitasi Sebagai Upaya Menjaga Kualitas Makanan Dan Kepuasan Pelanggan Di Rumah Makan. J Khasanah Ilmu. 2017;8(1).

Published
2023-09-28
Abstract viewed = 240 times
PDF downloaded = 295 times