Pelatihan Teknik Imobilisasi Cedera Leher Kepada Pelatih dan Official Cabang Balap Motor di KONI Kabupaten Badung

  • Tanjung Subrata Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa University, Denpasar
Keywords: teknik imobilisasi, cedera leher, pelatih dan official, balap motor

Abstract

Aktivitas fisik berupa kompetisi olahraga memiliki resiko cedera dari yang ringan, berat hingga fatal. Salah satu cedera yang berakibat fatal adalah cedera leher (neck injury), yang mana dapat mengakibatkan kematian, kelumpuhan maupun cedera menahun. Salah satu cabang olahraga (cabor) yang berpotensi menimbulkan cedera leher adalah Balap Motor. Kecepatan dan ketepatan dalam memberikan pertolongan akan sangat mempengaruhi proses penyembuhan cedera tersebut, sebaliknya keterlambatan dan kesalahan dalam memberi pertolongan pertama pada cedera leher dapat memperparah cedera bahkan dapat menimbulkan komplikasi yang lebih parah, bahkan kematian. Agar dapat mencegah terjadinya hal tersebut diperlukan pelatihan kepada pelatih dan official cabang olahraga Balap Motor, karena merekalah yang akan mendampingi atlet selama pertandingan, sehingga kecepatan dan ketepatan mereka dalam memberikan pertolongan pada cedera akan sangat mempengaruhi proses cedera tersebut. Pelatihan yang diberikan berupa teknik imobilisasi cedera leher serta teknik evakuasi korban, yang diharapkan dapat meningkatakan kemampuan pelatih dan official untuk memberikan pertolongan pertama pada cedera leher. Mitra dalam program ini adalah pelatih dan official cabor Balap Motor KONI Kabupaten Badung. Target luaran dari program tersebut adalah video kegiatan, serta publikasi di media cetak dan online. Hasil pre-post test menunjukan peningkatan pengetahuan sebesar 18.3%, dan dari praktek tehnik immobilisasi dan evakuasi pasien, semua peserta mampu mempraktekan dengan benar.

Kata kunci: teknik imobilisasi, cedera leher, pelatih dan official, balap motor

References

1. Organisasi Ikatan Motor Indonesia. Availabel at: http://imi.co.id/imi/organisasi
2. Anonim. 2016. Handout on Health: Sports Injuries. National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS). Availabel at: https://www.niams.nih.gov/health_info/sports_injuries/#ra_2
3. Stead LG., Stead SM., Kaufman MS. 2006. First Aid for the Emergency Medicine Clerkship. Second Ed. New York. McGraw-Hill.
4. Agarwal N., Thakkar R., Than K. 2019. Sports-related Neck Injury. American Association of Neurological Surgeons. Availabel at: https://www.aans.org/Patients/Neurosurgical-Conditions-and-Treatments/Sports-related-Neck-Injury.
5. Brukner P., Khan K. 2010. Sports Injuries. In: Clinical Sports Medicine. Third edition. New York. Mcgraw-Hill Professional
Published
2022-01-29
Section
Articles
Abstract viewed = 561 times
PDF downloaded = 594 times