PENGARUH PERCEIVED USEFULLNESS, PERCEIVED EASE OF USE, TRUST, DAN PERCEIVED RISK TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI HALODOC DI KOTA DENPASAR

  • Ni Putu Leonny Indriani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • Gusti Ayu Sugiati Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • Luh Putu Indiani Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
Kata Kunci: perceived usefullness, perceived ease of use, trust, perceived risk, keputusan penggunaan

Abstrak

Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived usefullness, perceived ease of use, trust, dan perceived risk terhadap keputusan penggunaan pada aplikasi Halodoc. Populasi pada riset ini yakni seluruh pengguna aplikasi Halodoc di Kota Denpasar. Riset ini memakai metode nonprobability sampling yaitu dengan metode incidental sampling, dengan rumus rao purba diperoleh jumlah sampel 96 orang. Pengumpulan data memakai kuesioner dengan regresi linier. Hasil riset memberikan gambaran bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, trust dan perceived risk secara simultan berpengaruh positif dan signfikan kepada keputusan penggunaan pada aplikasi Halodoc. Secara parsial Perceived usefulness berpengaruh positif serta signfikan kepada keputusan penggunaan pada aplikasi Halodoc, Perceived ease of use berpengaruh positif serta signfikan kepada keputusan penggunaan pada aplikasi Halodoc, Trust berpengaruh positif serta signfikan kepada keputusan penggunaan pada aplikasi Halodoc, Perceived risk berpengaruh positif serta signfikan kepada keputusan penggunaan pada aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc diharapkan dapat memaksimalkan kebermanfaatan aplikasi untuk pengguna, salah satunya dengan meningkatkan kepraktisan pembayaran.

Referensi

Andrean, R. R., Susilowati, L., & Aminah, S. (n.d.). Pengaruh Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Customer Attitude Pada Tokopedia.

Anggono, B. N. T., Istiatin, I., & AB, S. H. (2020). Persepsi Kemudahan, Resiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Penggunaan Gopay. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153.

Arta, T. L. F., & Azizah, S. N. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness , Perceived Ease Of Use dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Menggunakan Fitur Go-Food dalam Aplikasi Gojek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2)(April), 291–303.

Ashari, R., & Widayanto, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Pengguna Pada Situs Belanja Online Lazada. Com (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 209–218.

Ayuningtiyas, K & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.

Aziziyah, A. (2021). Peranan persepsi manfaat sebagai mediasi dalam pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap penggunaan e-commerce pada aplikasi traveloka. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(1), 205–216.

Damayanti, V. (2019). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA. 16(2), 99–109.

Gunawan, N. K., & Tileng, K. G. (2020). dan Customer Satisfaction Terhadap Intention to Use Pada Platform Game STEAM. 06(01).

Iliyin, A. (n.d.). KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN OVO PT VISIONET DATA INTERNASIONAL ( STUDI PADA PENGGUNA OVO DI KOTA SURAKARTA ).

Maulana, R., Mailany, M., Syariah, P., Aceh, D. B., & Informasi, P. T. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP. 2, 146–155.

Oktavia, D. I., & Hamid, F. Z. (2020). Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Penggunaan Aplikasi Kesehatan Halodoc. In Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif SENTRINOV, 6(2), 239–245.

Putri, R. R. S., & Iriani, S. S. (2021). Pengaruh perceived ease of use dan perceived usefulness terhadap keputusan penggunaan aplikasi tokopedia melalui trust sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 708–722.

Styarini, F., & Riptiono, S. (2020). Analisis Pengaruh Customer Trust Terhadap Keputusan Menggunakan Mobile Banking Melalui Perceived Risk dan Perceived Usefulness Sebagai Variabel Intervening ( Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile Banking Bank BRI di Kantor Cabang Kebumen ). 2(4), 670–680.

Wibowo, M. A., & Suryoko, S. (n.d.). Masalah Kemanan Data Produk yang ditawarkan Biaya top-up. 1–10.

Diterbitkan
2023-02-22
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 338 times
PDF downloaded = 379 times