STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HUNIAN KAMAR PADA SENSE SUNSET SEMINYAK HOTEL

  • Ni Nyoman Menuh STIMI Handayani
  • Ni Wayan Widiantari STIMI Handayani, Denpasar, Bali-Indonesia
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tingkat Hunian kamar

Abstrak

Meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Bali maka akan mempengaruhi juga pengembangan fasilitas pariwisata seperti sarana akomodasi maupun fasilitas-fasilitas penunjang lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Sense Sunset Seminyak Hotel dalam melakukan kegiatan pemasaran, untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi oleh Sense Sunset Seminyak Hotel, untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dalam upaya meningkatkan tingkat hunian kamar pada Sense Sunset Seminyak Hotel. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Analsis EFAS, IFAS dan Analisis SWOT. Hasil Penelitian menyatakan bahwa posisi Sense sunset seminyak Hotel berada pada kwadran I yaitu strategi Growth atau Strategi integrasi vertical. Analisis SWOT menemukan beberapa alternatif strategi pemasaran dalam rangka meningkatkan occupancy yaitu Startegi SO: peningkatan intensitas periklanan dan penciptaan Hotel Bisnis, Staretgi WO: menciptakan Press relationship dan penjadwalan personal selling, Stretgi ST: memperkokoh Brand Image. Strategi WT: meningkatkan peran public relation dalam rangka menghadapi ekonomi global

Referensi

Pearce dan Robinson. (2008). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2008). Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yoeti. A. Oka. (2003). Manajemen Pemasaran Hotel. Jakarta: Perca.

Diterbitkan
2021-08-09
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 580 times
PDF downloaded = 1503 times