PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI INTRINSIK, DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT PADMA DI DENPASAR

  • Luh Gede Vania Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Judul skripsi ini adalah Pengaruh Komunikasi, Motivasi Intrinsik dan Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Padma di Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi, motivasi intrinsik, dan kompensasi finansial terhadap kinerja karyawan PT. Bank Perkreditan Rakyat Padma di Denpasar. Populasi di PT. Bank Perkreditan Rakyat Padma di Denpasar adalah semua karyawan yang berjumlah 58 orang yang selanjutnya menjadi responden diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan bersifat kuantitatif serta sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 54 responden. Teknik analisis data berdasarkan tahapan uji asumsi klasik, serta menggunakan analisis regresi linear berganda hingga koefisien determinasi, uji t, uji F melalui Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Version 25.0 for windows. Hasil analisis secara simultan menunjukkan hasil pengolahan data diperoleh F-hitung = 16,563 lebih besar dari nilai F-tabel = 2,79 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05 hal ini berarti, secara simultan komunikasi (X1), motivasi intrinsik (X2), dan kompensasi finansial (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) adalah teruji kebenarannya atau diterima. Hasil analisis secara parsial variabel komunikasi (X1) didapatkan nilai t-hitung 4,085 lebih besar dari t- tabel 2,00856 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga komunikasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), untuk variabel motivasi intrinsik (X2) didapatkan nilai t-hitung 3,863 lebih besar dari t-tabel 2,00856 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga motivasi intrinsik (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), sedangkan variabel kompensasi finansial (X3) didapatkan nilai t-hitung 4,032 lebih besar dari t-tabel 2,00856 dengan signifikansi 0,012 < 0,05 sehingga kompensasi finansial (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).

References

Agung, H. (2014). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non Finansial terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan Studi pada Karyawan PT. AXA Finansial Indonesia Cabang Malang. Universitas Brawijaya, Malang.

Agusta, L., Sutanto, M., Bisnis, P. M., Manajemen, P. S., Petra, U. K., & Siwalankerto, J. (2013). Karyawan Cv Haragon Surabaya. Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Haragon Surabaya, 1(3), 9.

Fauziyyah, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Tbk. Kantor Cabang Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang.

Kurniawati, R. A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Karyawan Pada Toko Ratu Mas Denpasar. Universitas Warmadewa, Denpasar.

Sugiartha, I. P. D. (2019). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Krida Mandiri di Darmasaba-Badung. Universitas Warmadewa, Denpasar.

Susanti, S. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi, Komunikasi Organisasi, Manajemen Pengetahuan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bank Syariah Studi Kasus BTN Syariah Kc Solo. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Suwati, Y. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tunas Hijau Samarinda. 1(1), 41–55.

Sriwahyuni, P. H. (2020). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Non Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. GMF Aeroasia di Bandar Internasional Ngurah Rai Denpasar. Universitas Warmadewa, Denpasar.

Widana, G. (2019). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. BPR Pedungan. Universitas Warmadewa, Denpasar.

Published
2021-08-09
How to Cite
Utami, L. G. V. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI INTRINSIK, DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT PADMA DI DENPASAR. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), 3(2), 100-109. https://doi.org/10.22225/wmbj.3.2.2021.100-109
Section
Articles
Abstract viewed = 713 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 798 times