PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN PERTANIAN DI BURSA EFEK INDONESIA

  • I Gede Surya Pratama Universitas Warmadewa
  • Ida Ayu Agung Idawati Universitas Warmadewa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh rasio keuangan terhadap return saham perusahaan sektor Pertanian di BEI secara parsial dan simultan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling, diperoleh 16 perusahaan pertanian di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan selama 5 (lima) tahun dari tahun 2012 sampai tahun 2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji statistik F dan uji statistik t. Hasil uji F menunjukkan rasio keuangan terdiri dari: rasio likuiditas, aktivitas, profitabilitas, leverage dan nilai pasar secara simultan berpengaruh positif terhadap return saham pada perusahaan pertanian yang terdaftar di BEI. Pengaruh rasio keuangan secara parsial terhadap return saham berdasarkan hasil uji statistik t menunjukkan rasio likuiditas tidak berpengaruh terhadap return saham, rasio aktivitas berpengaruh negatif terhadap return saham, rasio profitabilitas berpengaruh positif terhadap return saham, rasio leverage berpengaruh positif terhadap return saham dan rasio nilai pasar berpengaruh positif terhadap return saham pada perusahaan pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata kunci: Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Leverage, Nilai Pasar, Return Saham.

References

Ari Anggarani, (2012), Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas, Leverage dan Economic Value Added Terhadap Return Saham pada Saham Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Ekonomi 1 (2): 119¬126.

Bambang Riyanto, (2013), Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Cholid Faizal, (2014), Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Aktivitas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Nilai Pasar Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2012), Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Cholis Hidayati, (2014), Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham dan Kapitalisasi Pasar Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI, Jurnal Media Mahardhika 11 (3): 93-106.

Brigham dan Houston, (2012) Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Alih Bahasa Ali Akbar Yulianto, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Faizin, (2016), Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Pasar Terhadap Return Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Baverage Periode 2003-2012), Jurnal Program Studi Manajemen Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta: 1-15.

Husein Umar, (2014), Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Imam Ghozali, (2013), Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Upadate PLS Regresi, Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Jogiyanto, (2014), Teori Portofolio dan Analisa Investasi, Penerbit BPPE, Yogyakarta.

Kasmir, (2015), Analisis Laporan Keuangan, Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mandiartha, I B. Putu Yoga, (2015), Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Return Saham pada Industri Otomotif dan Komponen di PT Bursa Efek Indonesia, Jurnal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa Denpasar.

Mareta Nurjin Sambora, (2014), Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Food and Beverages yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2009-2012), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 8 (1): 1-10.

Pandji Anoraga dan Piji Pakarti, (2013), Pengantar Pasar Modal, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Prince Acheampong, (2014), The Effect of Financial Leverage and Market Size on Stock Returns on the Ghana Stock Exchange: Evidence from Selected Stocks in the Manufacturing Sector, International Journal of Financial Research 5 (1): 125-134.

R. Agus Sartono, (2013), Manajemen Keuangan, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Sina Kheradyar, (2011), Stock Return Predictability with Financial Ratios, International Journal of Trade, Economics and Finance 2 (5): 391-396.

S. Munawir, (2012), Analisis Laporan Keuangan, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Sri Mulyono, (2013), Statistika Untuk Ekonomi dan Bisnis, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Suad Husnan, (2012), Dasar-dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Penerbit AMP YKPN, Yogyakarta.

Suandewi, I G.A. Ayu Siska, (2016), Rasiorasio Keuangan dan Return Saham (Studi Kasus pada Industri Tekstil dan Garment di PT Bursa Efek Indonesia), Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali.

Sudana, I. Made, (2013), Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sunariyah, (2013), Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Penerbit UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Wiagustini, Ni luh Putu, (2014), Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Penerbit Udayana University Press, Denpasar.

http://www.etrading.co.id

www.idx.co.id.

www .finance.yahoo.com.

Published
2019-03-26
Section
Articles
Abstract viewed = 4527 times
Untitled (Bahasa Indonesia) downloaded = 6037 times