Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Badan Permusyawaratan Desa (SIM BPD) dalam Penyampaian Informasi dan Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung

  • I Made Yudi Dwipayana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa
  • I Made Yudhiantara Program Studi Magister Administrasi Publik Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa
  • Toto Noerasto Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa
Kata Kunci: aplikasi SIM BPD, implementasi

Abstrak

Desa sebagai entitas pemerintahan terendah telah menerapkan konsep desa berbasis teknologi informasi yang dikenal dengan Smart Village. Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung merupakan salah satu desa yang aktif menggunakan sistem teknologi dalam segala kegiatan pemerintahan dan kegiatan pelayanan masyarakat. Salah satu inovasi aplikasi yang dimiliki Desa Punggul adalah aplikasi SIM BPD. Penelitian ini berupaya menganalisis penerapan aplikasi SIM BPD. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi aplikasi SIM BPD di Desa Punggul dan mengetahui faktor penghambat pelaksanaan SIM BPD di Desa Punggul. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan penerapan teori Edward III. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan analisis data kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi SIM BPD di Desa Punggul belum berjalan dengan efektif berdasarkan perspektif komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Faktor penghambat implementasi yaitu sosialisasi yang belum berjalan dengan optimal, sumber daya yang belum memadai, belum memiliki pemahaman yang sama antar aparatur BPD, dan kurang adanya pembagian tugas yang jelas dalam penerapan aplikasi ini.

 

Referensi

Buchari, A, 2016, Jurnal Ilmiah “Sosiohumaniora†FISIP Universitas Padjadjaran Volume 18 Nomor 3, Nopember 2016: 235 – 239 Implementasi E-Service Pada Organisasi Publik Di Bidang Pelayanan Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

Dunn, William N..2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : PT Hanindita Graha Widya

Echols, John M. and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Edward III, George C. 1980. Implementasi Publik Policy. Washington D.C : Congressioal Quarterly Inc.

http://punggul.desa.id

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Lababa, D. 2008. Evaluasi Program. Manado : Sebuah Pengantar

Moenir, A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Natasurya, R. 2014. yang melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Kabijakan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timurâ€.

Noveriyanto, B. 2018. e-government sebagai layanan komunikasi pemerintah kota surabaya (Studi Kematangan e-government Sebagai Layanan Komunikasi Government to Government, Government to Citizen, Government to Business)

Siswanto, S. 2003. Globalisasi dan Teknologi Informasi. Makalah Seminar Teknologi . UGM

Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sunggono, B. 1994. Hukum dan Kebijaksanaan Publik. Jakarta : PT. Karya Unipress

Syaukani. 2004. Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Tangkilisan, T., Hessel, N. S. 2003. Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : Lukman Offset hal. 21 dan 22

Tjiptono, F. 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andy Offset

Usman, N. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : Grasindo hal.70

Winarno, B. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Media Pressindo

Yunanda, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka

Timang, Y. 2018. yang melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendariâ€.

Ramdhani, A. 2017. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik Program Studi Administrasi Publik, Universitas Garut

Supriadi, A. 2012. yang melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang†Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Timang, Y. 2018. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari†: Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Halu Oleo Kendari.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Diterbitkan
2024-01-02
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 89 times
PDF downloaded = 131 times