Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Badan Permusyawaratan Desa (SIM BPD) dalam Penyampaian Informasi dan Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung
Abstrak
Desa sebagai entitas pemerintahan terendah telah menerapkan konsep desa berbasis teknologi informasi yang dikenal dengan Smart Village. Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung merupakan salah satu desa yang aktif menggunakan sistem teknologi dalam segala kegiatan pemerintahan dan kegiatan pelayanan masyarakat. Salah satu inovasi aplikasi yang dimiliki Desa Punggul adalah aplikasi SIM BPD. Penelitian ini berupaya menganalisis penerapan aplikasi SIM BPD. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi aplikasi SIM BPD di Desa Punggul dan mengetahui faktor penghambat pelaksanaan SIM BPD di Desa Punggul. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan penerapan teori Edward III. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara yang mendalam dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan analisis data kualitatif bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi SIM BPD di Desa Punggul belum berjalan dengan efektif berdasarkan perspektif komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Faktor penghambat implementasi yaitu sosialisasi yang belum berjalan dengan optimal, sumber daya yang belum memadai, belum memiliki pemahaman yang sama antar aparatur BPD, dan kurang adanya pembagian tugas yang jelas dalam penerapan aplikasi ini.
Referensi
Buchari, A, 2016, Jurnal Ilmiah “Sosiohumaniora†FISIP Universitas Padjadjaran Volume 18 Nomor 3, Nopember 2016: 235 – 239 Implementasi E-Service Pada Organisasi Publik Di Bidang Pelayanan Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung.
Dunn, William N..2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : PT Hanindita Graha Widya
Echols, John M. and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Edward III, George C. 1980. Implementasi Publik Policy. Washington D.C : Congressioal Quarterly Inc.
Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Lababa, D. 2008. Evaluasi Program. Manado : Sebuah Pengantar
Moenir, A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Natasurya, R. 2014. yang melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Kabijakan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timurâ€.
Noveriyanto, B. 2018. e-government sebagai layanan komunikasi pemerintah kota surabaya (Studi Kematangan e-government Sebagai Layanan Komunikasi Government to Government, Government to Citizen, Government to Business)
Siswanto, S. 2003. Globalisasi dan Teknologi Informasi. Makalah Seminar Teknologi . UGM
Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sunggono, B. 1994. Hukum dan Kebijaksanaan Publik. Jakarta : PT. Karya Unipress
Syaukani. 2004. Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta : Pustaka pelajar
Tangkilisan, T., Hessel, N. S. 2003. Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : Lukman Offset hal. 21 dan 22
Tjiptono, F. 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andy Offset
Usman, N. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : Grasindo hal.70
Winarno, B. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Media Pressindo
Yunanda, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka
Timang, Y. 2018. yang melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendariâ€.
Ramdhani, A. 2017. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik Program Studi Administrasi Publik, Universitas Garut
Supriadi, A. 2012. yang melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang†Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.
Timang, Y. 2018. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari†: Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Halu Oleo Kendari.
Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows: Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)