Strategi Pelayanan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar

  • A. A. A. Ngurah Sumitha Ghanjali Program Studi Magister Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa, Denpasar-Indonesia
Kata Kunci: Strategi pelayanan, manajemen strategis, lembaga penyiaran publik (LPP)

Abstrak

Pelayanan publik di Indonesia dalam bentuk jasa bisa melalui media. Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar menjadi salah satu media badan publik yang memberikan jasa pelayanan berupa informasi. Namun, seiring berkembangnya zaman banyak muncul platform media yang menyita perhatian publik serta ditambah hierarki birokrasi menjadikan LPP RRI Denpasar belum maksimal dalam memberikan pelayanannya. Sasaran penelitian ini berupaya mengetahui Strategi Pelayanan LPP RRI Denpasar untuk mempertanggung jawabkan keberadaannya sebagai media publik. Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Apa faktor penyebab belum maksimalnya LPP RRI Denpasar? 2) Bagaimana strategi pelayanan LPP RRI Denpasar? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi keberadaan LPP RRI Denpasar sebagai media badan publik yang memiliki tugas melayani kebutuhan publik. Jenis penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan penerapan teori Manajemen Strategis menurut Fred.R.David. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan cara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Denpasar belum optimal. Dalam melaksanakan pelayanan public bersifat top-down birokrasi yang masih hierarki, image RRI yang masih terkesan kaku dan formal di masyarakat, dan keberagaman kebutuhan publik yang tidak dapat terpenuhi mengingat keberadaan SDM yang kian berkurang. Strategi yang dilakukan LPP RRI Denpasar yaitu dengan menghadirkan program siarannya pada setiap platform media yang digandrungi publik, berinovasi menjadi media yang berbasis multiplatform.

Referensi

Aji, M. R., Supriyadi, D., & Budiman, D. A. (2022). Strategi Komunikasi Radio Kharisma 95.6 FM Bengkulu Utara Dalam Meningkatkan Eksistensi Sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal Melalui Program Siaran "Sapa Pagi". Jurnal Kaganga, 39-47.

Anggara, S. (2016). Ilmu Administrasi Negara (Kajian Konsep, Teori, dan Fakta Dalam Upaya Menciptakan Good Governance). Bandung: CV. Pustaka Setia.

Direktorat Program dan Produksi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia, Pedoman Siaran PRO 1, PRO 2, PRO 4, dan Siaran Perbatasan, 2020.

Direktorat Program dan Produksi Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia, Pedoman Siaran LPP RRI: Pedoman Untuk Programa 1, 2, 3, 4, 5, VOI, Siaran Perbatasan dan Media Sosial, 2022

Fred R. David. (2019). Manajemen Strategik Edisi 19. Jakarta: Salemba Empat.

Hastuti, H. (2017). Fungsi Media Penyiaran Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Dalam Upaya Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Gema Kampus, 8-13.

Maisarah, S. (2021 ). Pola Pengawasan Komisi Informasi Aceh dalam Mewujudkan Keterbukaan Informasi Publik di Propinsi Aceh . Journal of Governance and Social Policy, 140-155.

Masawoy, S., Masyhadiah, & Ola, A. (2022). Strategi Manajemen Produksi Program Siaran Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Stasiun Maluku . Jurnal Pendidikan Islam: Pendekatan Interdisipliner, 35-46.

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2018). Manajemen Pelayanan Publik . Bandung: CV. Pustaka Setia.

Nababan, S. (2021). Pelayanan Informasi di Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Komunikasi, 24-38.

Nugraha, A. R., Sjoraida, D. F., & Novianti, E. (2022). Analisis Strategis Humas Pemerintahan Era Millenial Dalam Menghadapi Tata Kelola Informasi Publik. PRofesi Humas, 286-310.

Prayudha, H. H., & Rustam, A. (2021). Radio is Sound Only (Pengantar dan Prinsip Penyiaran Radio di Era Digital. Jakarta: Broadcastmagz PUBLISHER.

Radio Republik Indonesia, Sejarah RRI Dari Masa ke Masa, 2020.

Radio Republik Indonesia, Dokumen Laporan Rekapitulasi Pegawai LPP RRI Denpasar, 2022.

Radio Republik Indonesia, Laporan Survey Pendengar Radio Kuartal III (M6)-2022. The Nielsen Company (US), LLC.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Sitorus, H. S., & Sembiring, Y. K. (2022). Peranan PRAMBORS Radio Sebagai Media Komunikasi Massa dalam Menyampaikan Informasi (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Desa Namo Mbelin Dusun II Kecamatan Namorambe. Jurnal Darma Agung, 246–253.

Suacana, I Wayan Gede. (2022). Kapita Selekta Pemerintahan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.

Suhendar, A. (2020). Keterbukaan Informasi Publik Bentuk Keseriusan Pemerintah Menuju Good Governance (Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008). Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja dan Administrasi Pelayanan Publik, 243-251.

Sukrisman, M. F., & Kurnia. (2022). Strategi Programming Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Dalam Mempertahankan Eksistensinya. Journal Scientific of Mandalika (JSM), 72-82.

Susiyanti, M., & Permanasari, A. (2021). Strategi Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Bukittinggi. Jurnal Ensiklopedia , 208-215.

Yam, J. H. (2020). Manajemen Strategi Konsep & Implementasi Edisi 2. Makassar: CV. Nas Media Pustaka.

Diterbitkan
2024-01-02
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 61 times
PDF downloaded = 160 times