Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Badan Permusyawaratan Desa (SIM BPD) dalam Penyampaian Informasi dan Penyerapan Aspirasi Masyarakat di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal Kabupaten Badung

  • I Made Yudi Dwipayana Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa
  • I Made Yudhiantara Universitas Warmadewa
  • Toto Noerasto Program Studi Magister Ilmu Administrasi Publik, Program Pascasarjana, Universitas Warmadewa
Keywords: application SIM BPD, implementation

Abstract

Villages as the lowest government entity have implemented an information technology-based village concept known as Smart Village. Punggul Village, Abiansemal District, Badung Regency is one of the villages that actively uses technology systems in all government activities and community service activities. One of the application innovations owned by Punggul Village is the BPD SIM application. This research seeks to analyze the implementation of the BPD SIM application. The aim of the research is to analyze and describe the implementation of the BPD SIM application in Punggul Village and determine the factors inhibiting the implementation of the BPD SIM in Punggul Village. The research approach uses a qualitative descriptive method with the application of Edward III's theory. Data collection was carried out using observation techniques, in-depth interviews and documentation. The selection of informants used purposive sampling techniques, and qualitative data analysis was inductive. The research results show that the implementation of the BPD SIM application in Punggul Village has not been effective based on the perspective of communication, resources, disposition and bureaucratic structure. Factors inhibiting implementation are socialization that has not run optimally, inadequate resources, not having the same understanding between BPD officials, and a lack of clear division of tasks in implementing this application.

 

References

Buchari, A, 2016, Jurnal Ilmiah “Sosiohumaniora†FISIP Universitas Padjadjaran Volume 18 Nomor 3, Nopember 2016: 235 – 239 Implementasi E-Service Pada Organisasi Publik Di Bidang Pelayanan Publik Di Kelurahan Cibangkong Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

Dunn, William N..2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : PT Hanindita Graha Widya

Echols, John M. and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris – Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Edward III, George C. 1980. Implementasi Publik Policy. Washington D.C : Congressioal Quarterly Inc.

http://punggul.desa.id

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Lababa, D. 2008. Evaluasi Program. Manado : Sebuah Pengantar

Moenir, A.S. 2002. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Natasurya, R. 2014. yang melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Kabijakan E-Government Melalui Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timurâ€.

Noveriyanto, B. 2018. e-government sebagai layanan komunikasi pemerintah kota surabaya (Studi Kematangan e-government Sebagai Layanan Komunikasi Government to Government, Government to Citizen, Government to Business)

Siswanto, S. 2003. Globalisasi dan Teknologi Informasi. Makalah Seminar Teknologi . UGM

Sugiyono, S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sunggono, B. 1994. Hukum dan Kebijaksanaan Publik. Jakarta : PT. Karya Unipress

Syaukani. 2004. Otonomi Daerah Dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Tangkilisan, T., Hessel, N. S. 2003. Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta : Lukman Offset hal. 21 dan 22

Tjiptono, F. 2000. Manajemen Jasa, Edisi Kedua. Yogyakarta : Andy Offset

Usman, N. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta : Grasindo hal.70

Winarno, B. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Media Pressindo

Yunanda, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka

Timang, Y. 2018. yang melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendariâ€.

Ramdhani, A. 2017. Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik Program Studi Administrasi Publik, Universitas Garut

Supriadi, A. 2012. yang melakukan penelitian dengan judul “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang†Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang.

Timang, Y. 2018. “Penerapan Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Poasia Kota Kendari†: Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Halu Oleo Kendari.

Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

Published
2024-01-02
Section
Articles
Abstract viewed = 68 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 68 times