Pemanfaatan Teknologi ‘Website DJP Online’ Bagi Karang Taruna di Desa Siangan

  • Kadek Agus Mahabojana Dwi Prayoga Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Made Dika Nugraha Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • I Putu Yudi Prabhadika Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Anak Agung Gde Krisna Paramita Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Gede Yohanes Arygunartha Sekolah Vokasi Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
Keywords: DJP Online, Pajak, Teknologi, Karang Taruna, Siangan

Abstract

Pemahaman dan pemanfaatan teknologi dalam membayar pajak menjadi krusial dalam perkembangan sistem perpajakan global. Di Indonesia, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meluncurkan DJP Online pada tahun 2015, sebuah inovasi penting dalam administrasi perpajakan. Dalam era digital, DJP Online mencerminkan upaya pemerintah untuk menyederhanakan, meningkatkan efisiensi, dan memberikan transparansi dalam perpajakan. Tujuan platform ini adalah meningkatkan efisiensi administrasi, meminimalkan kesalahan, dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui layanan pajak berbasis online. PKM ini dilakukan dengan fokus pada kelompok Karang Taruna di Desa Siangan, yang dihadapkan pada kurangnya pemahaman tentang pembayaran dan pelaporan pajak serta pemanfaatan DJP Online. Oleh karena itu, kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilaksanakan untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan penggunaan DJP Online kepada kelompok tersebut. Metode PkM menggunakan ceramah/sosialisasi dan praktek langsung dengan tutorial pengisian DJP Online. Hasil kegiatan ini mencakup peningkatan pemahaman dan kesadaran wajib pajak di Desa Siangan, terlihat dari partisipasi aktif dan tanggapan positif peserta. Materi disampaikan oleh narasumber yang kompeten, Bapak I Made Dwi Sumba Wirawan, SE., M.Si., BKP, yang membahas fitur portal layanan perpajakan DJP Online. Kegiatan PkM berhasil memberdayakan kelompok Karang Taruna dengan memberikan pengetahuan praktis tentang pembayaran dan pelaporan pajak melalui DJP Online. Diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kesadaran perpajakan di masyarakat.

References

Asri, I. A. T. Y., Suariedewi, I. G. A. A. M., & Prayoga, K. A. M. D. (2022). Pemberdayaan Kelompok Darwis yang Terdampak Covid-19 Melalui Digital Marketing di Desa Siangan. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM). 3(2), 57-62. doi: https://doi.org/10.22334/jam. v2i2.27

Nugraha, M. D., Prayoga, K. A. M. D., & Prabawa, I. N. A. (2022). Antrian Digital Berbasis Wireless di Pukesmas Pembantu (PUSTU) Dauh Puri Denpasar Barat. Postgraduate Community Service Journal, 3(2), 58-63. doi; https://doi.org/10.22225/pcsj.3.2.2022.58-63

Subhan, S., Syahadatina, R., Ustman, U., Surya, C., & Junaidi, J. (2022). Pemanfaatan Digitalisasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pelaporan Perpajakan Bagi Pengrajin Batik di Kabupaten Pamekasan. Indonesia Berdaya, 3(4), 1021-1028. doi:https://doi.org/10.47679/ib.2022337

Supriyatna, A. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi DJP Online Pelaporan SPT Pajak. Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF).

Published
2023-12-14
Section
Articles
Abstract viewed = 70 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 57 times