Pemberdayaan Masyarakat dalam Pelestarian Warisan Budaya di Desa Gelgel, Klungkung, Bali

  • I Made Mardika Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia

Abstract

Desa Gelgel yang pernah menjadi pusat kerajaan Bali pada abad XIV-XVI masehi meninggalkan warisan budaya yang cukup kaya dan beragam. Diantara bentuk-bentuk warisan budaya yang ada, tinggalan budaya dalam bentuk prasasti memiliki makna yang penting bagi konstruksi sejarah masa lalu. Di Pura Ibu Kawitan Pasek Gelgel Bendesa Tangkas Kori Agung terdapat dua lembar prasasti dari bahan tembaga dan perak yang disakralkan, masih digunakan sebagai media pemujaan. Masyarakat penyungsung pura percaya prasasti tersebut adalah anugerah raja kepada leluhurnya. Penyungsung pura berupaya merawat prasasti dengan cara menyucikan dan memberi persembahan tiap enam bulan. Masalah yang dihadapi penyungsung pura selaku mitra adalah belum diketahuinya isi yang tersurat dalam prasasti dan cara melestarikan prasasti logam dengan baik. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan memberdayakan masyarakat terhadap dua masalah tersebut. Metode yang digunakan adalah pendampingan teknik konservasi arkeologi, pembacaan, penerjemahan, serta penafsiran isi prasasti dalam konteks sejarah. Tiga tahapan yang dilakukan meliputi: (1) pelatihan teknik konservasi / perawatan arkeologi, (2) pembacaan dan penerjemahan isi prasasti, dan (3) membuat duplikat prasasti. Hasil pelatihan dan pendampingan pelestarian warisan budaya berupa prasasti adalah dimilikinya ketrampilan di bidang konservasi arkeologi dari bahan logam, tersusunnya terjemahan isi prasasti sehingga penyungsung pura memahami isi prasasti, dan tersedianya duplikat prasasti ditulis pada daun lontar.

Author Biography

I Made Mardika, Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia

References

Kementeriaan Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Jenderal Sejarah dan Purbakala. 2010. Undang-Undang Republik Idonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya.

Mardika, I Made, A.A.G. Oka Wisnumurti, A.A.R. SitaLasmi. 2018.Dinamika Relasi Kuasa dan Kearifan Lokal pada Warisan Budaya Pura Dasar Buana Gelgel. Laporan Penelitian. Universitas Warmadewa Denpasar.

Mardika, I Made, A.A. Gede Raka, I Made Suwitra. Warisan Budaya di Desa Pekraman Gelgel: dari Teks ke Konteks. Laporan Penelitian Universitas Warmadewa Denpasar.

Putra, A., Vipriyanti, U., Agung, A.A.P., & Arnawa, I.K. 2019. Pengembangan Desa Wisata Sejarah Budaya di Desa Gelgel Kabupaten Klungkung. Plano Madani (8) 2.

Raka, A.A.G., I Made Mardika dan I Wayan Wesna Astara. 2016. “Pengelolaan Warisan Budaya Berbasis Desa Adat di Desa Pejeng, Tampak Siring, Gianyarâ€. Proseding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dengan tema Inovasi Ipteks Perguruan Tinggi untuk Meningkatkan Kesejahtraan Masyarakat, tanggal 29-30 Agustus 2016 di Fave Hotel, Tohpati Bali

Wahyuni, D. 2015. Pertapaan Pada Masa Bali Kuno Abad IX-XII Masehi. Humanis: Journal of Arts and Humanities. (12) 2.

Wirawan, A.A. Bagus. 2008. Pura Dasar dan Sweca Linggarsa Pura. Kabupaten Klugkung: Pura Dasar Gelgel.

Published
2020-03-05
Section
Articles
Abstract viewed = 621 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 349 times