TINGKAT KEBISINGAN PETUGAS GROUND HANDLING DI BANDARA NGURAH RAI BALI

  • Nyoman Surayasa
  • I Made Tapayasa
  • I Wayan Putrayadnya

Abstract

Bandara Ngurah Rai adalah bandara internasional di Bali, dan Bali merupakan salah satu tujuan wisata dengan banyak pengunjung baik wisatawan internasional taupun domestik. Hal ini akan meningkatkan frekuensi lalu lintas udara dan jumlah jenis pesawat. Kondisi ini merupakan salah satu faktor terjadinya risiko kebisingan, yang berakibat pada kemungkinan timbulnya gangguan pendengaran bagi pekerja bandara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kebisingan yang berdampak pada pekerja di lapangan terbang di Bandara Ngurah Rai. Metode cross sectional digunakan sebagai metode analisis data, dimana sebanyak 44 sampel data yang dihimpun secara acak. Data dikumpulkan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner untuk mengetahui masa kerja, alat pelindung diri, dan pengukuran tingkat kebisingan yang digunakan oleh para staf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebisingan pada Divisi Administrasi adalah antara 49,6-52 dBA. Namun, pada Divisi Teknis pada pukul 08.00 - 16.00 adalah rata-rata antara 88,3-90,9 dBA, pukul 16.00 - 24.00 itu antara 89,3-93,5 dBA dan pukul 24.00 - 08.00 itu antara 69,9-73,2 dBA. Studi ini menyimpulkan bahwa tingkat kebisingan pada divisi administrasi berada di bawah nilai ambang batas, sedangkan pada divisi teknis antara pukul 08.00 - 16.00 dan 16.00 - 24.00 berada di atas ambang batas, tetapi antara pukul 24.00 - 08.00 berada di bawah nilai ambang batas. Pada hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan bahwa pekerja harus selalu memiliki pelindung pendengaran pada saat bekerja. Perusahaan juga harus menyediakan tes audiometri untuk staf mereka secara berkala, menerapkan sistem rotasi kerja (work shift) untuk personel yang memiliki gangguan pendengaran. Selain itu studi ini menggarisbawahi setiap perusahaan penerbangan harus menerapkan sanksi kepada personil yang tidak memiliki pelindung pendengaran. Kata kunci: tingkat kebisingan, pekerja di lapangan terbang

References

Balai Hyperkes. 1999. Laporan Tahunan. Denpasar.

Kantor Kesehatan Pelabuhan. 2007. Laporan Tahunan. Denpasar.

PT GMF Aero Asia. 2007. Profil dan Laporan Tahunan. Denpasar.

Sindhusakti, D. 2001. Identifkasi Nilai Ambang Dengar Penduduk di Kawasan Kebisingan Pesawat. ORLI 31 (4) : 9-14

Soekirman H.1996. Audiometri Nada Murni Terhadap Pekerja Rotary Perusahaan Kayu PT Astral Byna di Banjarmasin. Kumpulan Naskah Ilmiah Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhati.Malang.

Suharyana, Lienjte, S dan Hendarto, B. 2005. Hubungan Masa Kerja dan Tingkat Kebisingan dengan Nilai Ambang Pendengaran dan Gangguan Pendengaran Tenaga Kerja Wanita pada Unit Tenun. Jurnal Sains Kesehatan 18 (2) : 50-60

Published
2017-11-27
Section
Articles
Abstract viewed = 278 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1305 times