EVALUASI KINERJA PENGOPERASIAN ANGKUTAN PENGUMPAN (FEEDER) TRANS SARBAGITA TP 02 KOTA DENPASAR

  • Nyoman Sriastuti

Abstract

Denpasar sebagai ibukota Propinsi Bali menjadi pusat segala sektor kehidupan yang mengundang minat masyarakat luar kota untuk turut menikmati segala fasilitas dan kemudahan yang ada baik untuk tujuan mencari pengidupan maupun untuk tujuan lain seperti melanjutkan pendidikan, rekreasi dan sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan terpusatnya peningkatan jumlah kependudukan di kota Denpasar, Pemerintah Provinsi Bali telah menyediakan transportasi publik Trans Sarbagita yang merupakan program penataan angkutan umum di wilayah penyangga kota Denpasar yaitu Badung, Gianyar dan Tabanan. Transportasi publik Trans Sarbagita Sarbagita direncanakan beroperasi secara bertahap, dimana salah satu trayek yang sudah beroperasi sejak tahun 2012 adalah Koridor I trayek GOR Ngurah Rai – GWK dengan beberapa trayek cabang/pengumpan (feeder) di masingmasing kabupaten dan kota. Trayek cabang/pengumpan (feeder) merupakan trayek pendukung trayek utama yang dilayanan oleh angkutan pengumpan (feeder). Angkutan pengumpan (feeder) adalah angkutan yang bertugas mengumpulkan penumpang untuk disalurkan khusus ke angkutan trayek tertentu. Di kota Denpasar terdapat empat trayek cabang/pengumpan (feeder) yang melayani beberapa rute di kota Denpasar, diantaranya adalah angkutan pengumpan (feeder) Trans SARBAGITA TP 02 Kota Denpasar. .Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja pengoperasia angkutan pengumpan (feeder) Trans SARBAGITA TP 02 Kota Denpasar berdasarkan Standar Departemen Perhubungan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data pada instansi terkait dan survai langsung dilapangan. Berdasarkan hasil analisis evaluasi kinerja pengoperasian angkutan pengumpan (feeder) Trans SARBAGITA TP 02 Kota Denpasar yang meliputi indikator waktu tempuh, kecepatan, waktu antara dan faktor muat diperoleh indikator waktu tempuh dan kecepatan memenuhi syarat standar kualitas pelayanan angkutan umum sedangkan indikator waktu antara dan faktor muat tidak memenuhi syarat standar kualitas pelayanan angkutan umum. Kata kunci: Trans SARBAGITA, Kinerja, Evaluasi.
Published
2017-08-12
Section
Articles
Abstract viewed = 296 times
PDF downloaded = 1616 times PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1258 times