Pemberdayaan Kelompok Seni Lukis di Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali

  • Agus Darma Yoga Pratama Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • Kuntayuni Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • Ni Luh Putu Mita Miati Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia

Abstract

Bali dikenal sebagai pulau dewata yang kental akan budaya dan tradisinya yang merupakan dasar atau pedoman hidup yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakatnya. Bidang pekerjaan yang berkaitan dengan kesenian diantaranya menjadi pemahat patung dan ukiran, membuat kerajinan tangan, hingga pelukis. Pasar Seni Sukawati terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar yang berjarak 17 km dari pusat kota Denpasar dan berjarak 13 km dari Universitas Warmadewa dikenal menjual aneka ragam oleh-oleh khas Bali salah satunya lukisan. Pasar ini sering dikunjungi oleh wisatawan domestik dan internasional yang berlibur ke Bali untuk mendapatkan oleh-oleh khas pulau dewata. Salah satu kelompok seniman yang menjual lukisan yaitu kelompok seni lukis “Mandiri Lukisanâ€. Dengan kondisi pemasaran yang terletak di tengah pasar dan berdesakan, lukisan tersebut hanya dijual kepada wisatawan domestik dan internasional yang datang langsung ke pasar dengan pembayaran tunai padahal sesungguhnya penjualan akan dapat meningkat apabila anggota kelompok dapat memaksimalkan penggunaan media digital. Proses pemasaran lukisan dapat dioptimalkan dengan media sosial yang menggunakan Bahasa Inggris disertai dengan proses pembayaran digital yang akan memudahkan calon pembeli lukisan. PKM ini bertujuan untuk membantu mitra melalui pelatihan dan pendampingan berbahasa iklan, pembuatan konten audiovisual, penerjemahan judul dan deskripsi lukisan, penggunaan digital marketing, serta pembuatan arus kas dan pencatatan keuangan digital yang akan meningkatkan jangkauan pembeli lukisan tersebut. Luaran yang ditargetkan dari PKM ini adalah publikasi di jurnal Ber-ISSN nasional, publikasi media massa, publikasi video dan peningkatan pelayanan mitra

References

[1] Suwidiarta, I. K. 2017. Grosifikasi Ideologi Rasa Dalam Perkembangan Seni Lukis Bali. Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama dan Kebudayaan Vol 17 No 2 (2017).
[2] Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar. 2017. Kecamatan Sukawati dalam Angka 2017.
[3] Gunada, I. W. A. 2020. Ajaran Agama Hindu Sebagai Inspirasi Penciptaan Karya Seni Lukis Tradisional Bali. Gorga: Jurnal Seni Rupa Volume 09 Nomor 01 Januari-Juni 2020.
[4] Suwityantini D. 2018. Strategi Pemasaran Karya Seni Lukis (Studi Kasus Pada Pameran Seni Rupa dan Pasar Seni Art Jogja). Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 8 Agustus 2018.
[5] Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Buku Panduan Indikator Kinerja Perguruan Tinggi Negeri.
[6] Mariyatni, N. P. S., et al. 2021. Pendampingan Pencatatan Keuangan dan Pemasaran Sarathi Banten. International Journal of Community Service Learning Vol. 5 No. 2 (2021).
[7] Pratama., A. D. Y. 2022. Translation Strategy and Accuracy in Balinese Terms. Jurnal Kajian Bali Volume 12, Nomor 01, April 2022.
Published
2023-12-23
Section
Articles
Abstract viewed = 110 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 90 times