Penelitian Bahasa Inggris dengan Metode Intensive dan Extensive Reading kepada Siswa SMA Negeri 1 Penebel

  • I Ketut Subagia Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • I Made Astu Mahayana Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • I Made Mardika Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • Ida Ayu Ulan Antika Putri Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • Ni Luh Putri Jelitayanti Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan bahasa Inggris dengan metode Intensive Reading yang diselenggarakan oleh Tim PKM Fakultas Sastra Universitas Warmadewa kepada 30 siswa di SMA N 1 Penebel, Tabanan. Metode Intensive dan Extensive Reading dipilih sebagai fokus peningkatan pemahaman dan penguasaan kosakata bahasa Inggris. Pelatihan tiga minggu ini menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca dan memahami teks bahasa Inggris pada siswa.Sampel siswa terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan karakteristik khusus yang melibatkan tingkat kemampuan bahasa Inggris yang beragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dengan metode Intensive dan Extensive Reading secara efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks bahasa Inggris di tingkat SMA.

References

Fitriana, R. (2022). Desa Wisata Jatiluwih Tabanan Bali Representasi Wisata Berkelanjutan. Inspirasi Indonesia.

Haputra, Y. Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Inggris Melalui Metode Bercerita Indonesia Folk Tales Bagi Siswa Sekolah Dasar. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 2, 31–36.

Herlina. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Metode SQ4R Improving Engling Reading Comprehension Skill by SQ4R Method. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDN 11, 1, 29–35.

Kertiasih, N. N. (2021). Pengajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya Kepada Sekaa Teruna-Teruni Desa Tenganan Dauh Tukad. Jurnal Abdidas 2, 2, 237–279.

Mahayana, I. M. (2022). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Kepada Siswa SD 1 Ubud Melalui Permainan Dan Lagu. Community Service Journal (CSJ) , 4(2), 180–186.

munawaroh, I. (2005). Virtual learning dalam pembelajaran jarak jauh . Majalah Ilmiah Pembelajaran 2.

Pigada, M. a. (2006). Vocabulary Acquisition from Extensive Reading: A Case Study. Reading in a Foreign Language , 18, 1–28.

Syafi’ie, I. (1999). Terampil Berbahasa Indonesia 1: Petunjuk Guru Bahasa Indonesia untuk SMU kelas 1. Balai Pustaka.

Wright, A. B. (2006). Games for Language Learning (3rd Edition) (3rd ed.). Cambridge University Press.

Yuliati, Y. &. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.

Published
2024-04-01
Section
Articles
Abstract viewed = 28 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 16 times