Pengajaran Bahasa Inggris di Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa & Kelompok Belajar Anak-Anak Pemulung dan Kaum Dhuafa Sekolah Kami

  • Agus Darma Yoga Pratama Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • I Nyoman Kardana Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
  • Nyoman Mardika Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali-Indonesia
Keywords: Bahasa Inggris, Pemulung, Pengajaran, Yatim & Dhuafa

Abstract

Sekolah Kami merupakan kelompok belajar informal khusus pemulung dan kaum duafa yang diberikan materi pelajaran secara umum. Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa adalah lembaga sosial yang menaungi pengajaran bagi anak-anak yatim dan kaum duafa. Program Kemitraan Masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Kami dan Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa merupakan program yang dilaksanakan untuk membantu anak-anak komunitas pemulung, yatim serta kaum duafa yang mengenyam pendidikan di tempat tersebut. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu keterbatasan kemampuan Bahasa Inggris anak-anak karena terbatasnya materi pelajaran yang diajarkan dan kurangnya motivasi anak-anak untuk belajar demi mencapai cita-citanya. Berdasarkan kondisi tersebut, tim pengabdian memberikan dua program yaitu pengajaran Bahasa Inggris untuk berkomunikasi guna meningkatkan kemampuan mereka agar bisa membuka peluang untuk berkarir secara global di masa depan dan bantuan berupa donasi serta paket makan siang untuk mendukung proses pembelajaran. Tim pengabdian juga berkolaborasi dengan komunitas Kejar Mimpi CIMB Niaga untuk memberikan bantuan psikososial berupa dorongan dan motivasi agar anak-anak tersebut memiliki rasa semangat dan berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya. Luaran yang dihasilkan untuk mitra dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran anak-anak akan pendidikan, kemampuan berbahasa Inggris yang meningkat, dan tumbuhnya energi yang baik pada kesehatan mental, jiwa, serta pikiran anak-anak di Sekolah Kami dan Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa.

References

Bantenprov. (2023). bantenprov.go.id. Retrieved from bantenprov.go.id

Bekasi, J. D. (2023). jdih.bekasikota.go.id. Retrieved from jdih.bekasikota.go.id

Dhuafa, Y. C. (2023). cintayatimdhuafa. Retrieved from cintayatimdhuaf.

Febriyanti. (2020). Penerapan Penggunaan Platfrom dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol.2(1).

Kami, S. (2023). sekolahkami.web.id. Retrieved from sekolahkami.web.id: https://sekolahkami.web.id/

Strevens, P. (1977). New Orientations in the Teaching of English. Oxford: Oxford University Press.

Sudrajat, D. (2015). Studi tentang Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris di SD Kota Tenggarong. Journal of Education and Teaching, Vol.9(1).

U.S. Department of Education. (2016). English Learners in Public Schools. National Center for Education Statistics.

Wachyudi, K., Sriudarso, M., & Miftakh, F. (2014). Analisis Pengelolaan dan Interaksi Kelas dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Solusi, Vol.1(4). https://journal.unsika.ac.id/index.php/solusi/article/view/67

Website Resmi Sekolah Kami. Bekasi Barat. Retrieved November 30, 2022, from

Website Resmi Bekasi Kota. (2022). Kelurahan Bintara. Retrieved November 30, 2022, from

Published
2024-01-31
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times
PDF downloaded = 49 times