Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Budaya Bagi Siswa SD, SMP, dan SMA Pasraman Gurukula Bangli

  • I Nyoman Kardana Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • Agus Darma Yoga Pratama Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • Anak Agung Gede Raka Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
Keywords: Bahasa Inggris, Budaya, Pengajaran

Abstract

Seiring dengan pertumbuhan kepariwisataan yang signifikan pasca pemberlakuan kebijakan baru pasca Covid-19, tentunya hal ini juga memberi celah bagi dunia pendidikan untuk berkembang. Salah satu lembaga pendidikan yang memiliki potensi untuk digali dan dikembangkan adalah Pasraman Gurukula Bangli. Pasraman Gurukula merupakan lembaga pendidikan asrama berbasis budaya dan sistem pendidikan tradisional Hindu. Beberapa masalah yang dihadapi oleh mitra di antaranya kebutuhan tenaga pengajar serta keterbatasan sumber pangan karena tidak adanya donatur tetap. Jenis kegiatan yang dilakukan untuk membantu mitra adalah program pengajaran Bahasa Inggris berbasis budaya bagi para siswa SD, SMP, dan SMA dan penyediaan bentuk bantuan dari Tim PKM Unwar serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) berkat hasil kerjasama dengan Fakultas Sastra yang juga berkolaborasi dengan Balai Karantina Ikan, Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). Tujuan program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah untuk membantu para siswa mempelajari Bahasa Inggris dengan memberi pengajaran terkait istilah-istilah Bahasa Inggris yang berkaitan dengan kebudayaan Hindu dalam ruang lingkup pasraman dan untuk membantu mitra kedepannya agar mampu mengelola finansial yang berkelanjutan. Hasil dari kegiatan ini adalah tumbuhnya kesadaran dan pemahaman siswa tentang pentingnya Bahasa Inggris berbasis budaya Bali dan Hindu sehingga mempermudah komunikasi siswa dengan donatur asing dan turis yang berkunjung. Disamping itu, Bantuan dari Tim PKM Unwar, KemenPPPA, dan BKIPM Denpasar juga memberikan dampak dari segi ekonomi pasraman karena membantu mitra dalam upayanya untuk menekan pengeluaran, sehingga anggaran yang ada bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

References

Allwright, R. L., 1990.What do we want teaching mate-rials for? In R. Rossner and R.Bolitho (Eds.).Currents in language teaching Oxford: OxfordUniversity Press.

Dirjen Dikti. 2004.Pedoman Pengintegrasian Pembela-jaran Berbasis Budaya dalam Pembelajaran

Edo, F. claudian, Noge, M. D., & Awe, E. Y. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Direct Method Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, Vol.3(2).

Kapur, R. 2018. Impact of Culture on Education. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/323794724_Impact_of_Culture_on_Education

O’Malley, J.M. dan Pierce, L.V. 1996.AuthenticAssessment for English Language Learners.Practical Approach for Teachers. Ontario:Addison: Wesley Publishing Company.

Penetapan Dan Penegasan Batas Wilayah Kelurahan Kubu Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli - Situs Resmi Bagian Hukum dan Ham Setda Kabupaten Bangli - Bali. (n.d.). Jdih.banglikab.go.id. Retrieved November 30, 2022, from https://jdih.banglikab.go.id/detail-produk-hukum/peraturan-bupati-bangli/694/penetapan-dan-penegasan-batas-wilayah-kelurahan-kubu-kecamatan-bangli-kabupaten-bangli

Sadiman, S.A., Raharjo, S., Anung, H.R. & Rahardjito.2005.Media Pendidikan Pengertian, Pengemba-ngan, dan Pemanfaatannya. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Strevens, P. (1977). New Orientations in the Teaching of English. Oxford: Oxford University Press.

Suharto, P. P. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa SD terhadap Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Budaya Lokal Sunda. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol.15(4).

Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., Raka, A. A. G., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya. Jurnal Abdidas, Vol.2(4).

Website Resmi Kelurahan Kubu Kabupaten Bangli. (2022). Kelurahan Kubu. Retrieved November 30, 2022, from https://www.kubu.banglikab.go.id/

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran | www.warmadewa.ac.id. (2022). Warmadewa.ac.id. Retrieved November 30, 2022, from

Published
2023-08-01
Abstract viewed = 95 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 7 times