Pendampingan Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Guru TK Widya Kusuma Sari

  • I Gusti Ayu Agung Dian Susanthi Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Made Mardika Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Made Sani Damayanthi Muliawan Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • A.A.I. Mas Trisnamayuni Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Kadek Yogi Pratama Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Kadek Silvia Melinda Dewi Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Keywords: Bahasa Inggris, Pendampingan, Pengajaran

Abstract

Pendampingan pengajaran bahasa Inggris merupakan hal yang penting bagi sekolah yang memiliki SDM yang kurang dalam Bahasa Inggris. Pendampingan pengajaran bahasa Inggris yang diperkenalkan juga memuat unsur pengenalan budaya, hal ini penting karena pengenalan budaya pada usia dini dapat disisipkan dalam pengajaran bahasa, seperti pengenalan bahasa Inggris yang mengandung unsur budaya dapat termuat dalam pengenalan kata benda sebagi contoh makanan, profesi, tempat dan sebagainya dengan menggunakan metode-metode yang menarik untuk menarik minat dan perhatian siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Pendampingan pengajaran sangat perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan untuk dapat berdaya saing yang baik di era globalisasi ini. Salah satu upaya yang memungkinkan dilakukan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas Pendidikan adalah pendampingan pengajaran bahasa Inggris untuk sekolah TK Padangsambian Kaja yakni TK Widya Kusuma Sari yang belum memiliki SDM yang cukup dalam bidang bahasa Inggris. Metode pelaksanaan pengabdian pengajaran diawali dengan Focus group discussion (FGD). FGD awal dilakukan untuk mengetahui dan mendiskusikan kurikulum yang digunakan, yang kemudian dijadikan dasar dalam pendampingan pengajaran, menentukan topik dan tema untuk pendampingan pengajaran. Setelah dilakukan pendampingan pengajaran, FGD kembali dilakukan untuk mendiskusikan hasil pengajaran yang telah diberikan, yang nantinya dapat digunakan dalam penyusunan laporan.

References

Azhari, Akyas. 2004. Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta Selatan: Teraju.

Dixon, R.M.W. 2010. Basic Linguistic Theory. Oxford: Oxford University Press.

Erdiyanti, & Syukri, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Non-PG-PAUD Melalui Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Di Kecamatan Konda. Prociding SEMADIF 2020, Vol.2(1).

Rahmasari, B. S., Amumpuni, R. S., Chasanatun, T. W., & Wibowo, P. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Guru TK dan SD di Desa Tunggur, Kecamatan Lembeyan, Kabupaten Magetan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol.1(1).

Susanthi, I. G. A. A. D., Mardika, I. M., Muliawan, M. S. D., Nurwahyuni, K., & Yanti, N. P. M. P. (2022). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Inggris Bagi Guru TK di Desa Dauh Puri Klod. Linguistic Community Service Journal, Vol.3(2).

Susanthi, I. G. A. A. D., Mahayana, I. M. A., & Kertiasih, N. N. (2020). Pengajaran ESP Bagi Polisi Pariwisata Di Sekolah Tinggi Polda Bali. Community Services Journal (CSJ), Vol.2(2).

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Service Journal, Vol.1(2).

Susanthi, I. G. A. A. D., & Laia, Y. E. (2022). The Role of Students of English Education Study Program at Nias Raya University in Developing Tourism Potential in Nias Island. Linguistic Community Service Journal, Vol.3(1).

Published
2023-07-31
Abstract viewed = 74 times
PDF downloaded = 65 times