Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Guru Tari di Sanggar Seni Puri Agung Jro Kuta Denpasar

  • Kylie Demayo Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Kadek Nuri Ananta Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Gusti Ayu Ketut Pradnyawati Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Wayan Dodi Parwata Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Ni Putu Nia Damayanti Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Keywords: Sanggar seni, Tari Bali, Kemampuan bahasa Inggris

Abstract

Sanggar Seni Puri Agung Jro Kuta merupakan usaha yang di rintis oleh keluarga di Puri Agung Jro Kuta. Mitra sudah berdiri sejak tahun 2007. Sanggar ini memiliki banyak potensi yang dapat digali dan dikembangkan untuk menghasilkan penari – penari berbakat. Kemampuan berbahasa Inggris atau berbahasa asing merupakan kendala dari Sanggar Seni Puri Agung Jro Kuta, akibatnya sanggar ini belum berani membuka kelas bagi wisatawan asing. Hal ini sangat disayangkan, mengingat banyaknya wisatawan asing yang tertarik untuk belajar tari Bali. Ada 2 metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: 1. Melakukan pelatihan bahasa Inggris yang berhubungan dengan istilah – istilah gerakan tari dalam bahasa Inggris serta pemberian makalah sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. 2. Melakukan pendampingan dalam praktik berkomunikasi bahasa Inggris dengan metode Role Playing (Permaianan Peran), di mana murid – murid sanggar berperan menjadi wisatawan asing, dan SDM atau guru tari memposisikan diri mereka layaknya sudah mengajar wisatawan asing secara langsung.Tujuan dari pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah untuk membantu para guru tari di Sanggar Seni Puri Agung Jro Kuta dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris sehingga dapat mebuka kelas tari bagi wisatawan asing dan Sanggar Seni Puri Agung Jro Kuta ini dapat mengembangkan usahanya.

References

Firda Fauziyyah Febriyanah, Sri Mulyanah, R. F. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sanggar Wuni Kreasi Di Kubangsaron, Kota Cilegon, Banten. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.

Jaka Rianto. (2013). Pelatihan Dan Pembinaan Sanggar Seni Pedalangan “Ngesti Budaya†Di Karanganyar.

Mudana, I. G. A. M. G. (2018). Eksistensi Pariwisata Budaya Bali dalam Konsep Tri Hita Karana.

Zulfa. (2021). Peran Pemuda dalam Melestarikan Permainan Tradisional dan Lagu-Lagu Suku Mandar. ALLIRI: Journal of Anthropology.

Published
2023-03-08
Abstract viewed = 97 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 78 times