Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Staf Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Republik Indonesia

  • I Nyoman Kardana Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • I Wayan Wesna Astara Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Agus Darma Yoga Pratama Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Kuntayuni Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Keywords: Bahasa Inggris, Pelatihan, Penerjemahan

Abstract

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia adalah kementerian pada kabinet kerja yang membidangi isu-isu terkait upaya mewujudkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan Negara. Beberapa masalah yang dihadapi oleh mitra di antaranya adalah keterbatasan tenaga fungsional penerjemah untuk menerjemahkan dokumen dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris dan sebaliknya serta terbatasnya tenaga pramutamu dalam berkomunikasi dengan warga negara asing. Jenis kegiatan yang dilakukan untuk membantu mitra adalah pelatihan interaktif dan inovatif dengan metode pembelajaran Communicative Language Teaching (CLT) untuk menerjemahkan dokumen dan berkomunikasi dengan warga negara asing bagi staf di lingkungan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Metode pembelajaran Communicative Language Teaching (CLT). Metode pembelajaran ini merupakan metode yang terbukti efektif dalam bidang pengajaran bahasa sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara efisien. Metode ini dapat memberikan kegiatan yang lebih terpusat pada pembelajar atau Student Centered Learning. Tujuan program kemitraan masyarakat ini adalah mengatasi permasalahan berbahasa Inggris terkait keterbatasan staf kerjasama internasional dalam penerjemahan dokumen dan kemampuan komunikasi pramutamu dalam melayani warga negara asing. Hasil dari kegiatan ini adalah tumbuhnya kesadaran tentang pentingnya bahasa Inggris berkaitan dengan penerjemahan dokumen dan komunikasi dengan warga negara asing, serta adanya penghematan pengeluaran anggaran dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

References

Laila Desnaranti, Febby Pratama Putra, W. Y. A. (2019). PkM Pelatihan Berbicara (Speaking) dan Menyimak (Listening) LKSA Ar Ridho Rangkapan Jaya, Depok.

Wahyu Utama, H. N. (2021). PKM Program Pelatihan Bahasa Inggris Bagi PemanduWisata di Orbit Tour and Travel Jakarta.

Penerbangan Surabaya. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 3(1), 38–41. Warmadewi, A. A. I. M., Kardana, I. N., Raka, A. A. G., & Artana, N. L. G. M. A. D. (2021).

Pembelajaran Bahasa Inggris Komunikatif Berbasis Budaya. Jurnal Abdidas, 2(4), 725–1020.

Wright, A., Betteridge, D., & Buckby, M. (2006). Games for Language Learning (3rd Editio).

Cambridge University Press.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2020). Membangun Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 142–149.

Published
2023-03-08
Abstract viewed = 96 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 96 times