PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN, SUMBER DAYA MANUSIA, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP NILAI INFORMASI PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TABANAN

  • Ni Wayan Landya Dewi Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa
  • I Gusti Ayu Intan Saputra Rini Fakultas Ekonomi Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pengawasan Keuangan, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabananâ€. Dalam penelitian ini yang menjadi perumusan masalah adalah “Apakah pengawasan keuangan, sumber daya manusia, teknologi informasi dan pengendalian intern berpengaruh terhadap nilai informasi pelaporan keuangan daerah Kabupaten Tabanan ?â€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan keuangan, sumber daya manusia, teknologi informasi dan pengendalian intern terhadap nilai informasi pelaporan keuangan Daerah Kabupaten Tabanan. Populasi pada penelitian adalah pegawai pada bagian akuntansi atau penatausahaan keuangan pada Dinas-Dinas di Kabupaten Tabanan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner. Jumlah kuesioner yang disebar adalah sebanyak 89 (100%) dan yang kembali dan dapat diolah sebanyak 70 (78,6%). Teknik analisis yang digunakan adalah dengan partial least square. Data yang telah dikumpulkan lalu diolah dengan menggunakan software SmartPLS 2.0. Hasil dari analisis yang dilakukan, didapat bahwa (1) Variabel pengawasan keuangan memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap nilai informasi, hal ini ditunjukan dari nilai t-statistics sebesar 0,86 yang lebih kecil dari t-tabel (1,96). (2) Variabel sumber daya manusia memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap nilai informasi, hal ini ditunjukan dari nilai t-statistics sebesar 0,55 yang lebih kecil dari t-tabel (1,96). (3) Variabel teknologi informasi memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap nilai informasi, hal ini ditunjukan dari nilai t-statistics 0,15 yang lebih dari t-tabel (1,96). (4) Variabel pengendalian intern memiliki hubungan yang signifikan terhadap nilai informasi, hal ini ditunjukan dari nilai t-statistics sebesar 12,92 yang lebih besar dari t-tabel (1,96). Kata kunci : Pengawasan Keuangan, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Pengendalian Intern, Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah.

References

Ardi Adnyani, Ketut. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kapasitas Sumber Daya Manusia dan Pengawasan Keuangan Daerah Terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Pada Seluruh Dinas di Kabupaten Jembrana (Studi Empiris Seluruh Dinas di Kabupaten Jembrana). Skripsi Universitas Pendidikan Ganesha.

Arifianti, Dita. 2011. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah. Skripsi Universitas Diponogoro.

Ariesta, Fadila. 2013. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi Universitas Negeri Padang.

Armando, Gerry. 2013. Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Akuntansi Pemerintah dan Pengawasan Keuangan Daerah Terhadap Nilai Informasi Laporan Keuangan Pemerintah (Studi Empiris Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Kota Bukittinggi). Skripsi Universitas Negeri Padang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2014. Stuctural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. 2014. Manajemen. Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Hasibuan, Drs. H. Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2001. Standar Profesional Akuntansi Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntansi Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Indriasari, Desi dan Ertambang Nahartyo, 2008, Pengaruh Kapasitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kota Palembang Kabupaten Ogan Ilir). SNA Pontianak, tahun 2008.

Mardiasmo. 2010. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nordiawan, Deddi. 2010. Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Republik Indonesia, Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara.

, Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

, Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 Tentang Standar Akuntansi Pemerintah.

, Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2005 Tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah.

, Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Published
2018-07-27
How to Cite
Dewi, N. W. L., & Rini, I. G. A. I. S. (2018). PENGARUH PENGAWASAN KEUANGAN, SUMBER DAYA MANUSIA, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP NILAI INFORMASI PELAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN TABANAN. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(1), 63-69. Retrieved from https://www.ejurnal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/713
Abstract viewed = 1035 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1060 times