PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE

  • I Wayan Kartana Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa
  • Ni Gusti Agung Sri Wulandari Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakter eksekutif, karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan leverage dan capital intensity, dan corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komisaris independen, komite audit dan kualitas audit terhadap tax avoidance. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2013. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik yang dilakukan dengan bantuan SPSS versi 15.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel karakter eksekutif dan corporate governance tidak berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan variabel karakteristik perusahaan terbukti berpengaruh terhadap tax avoidance. Kata kunci: Tax Avoidance, Karakter Eksekutif, Karakteristik Perusahaan, Corporate Governance

References

Annisa, Nuralifmida Ayu, (2011), Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di BEI. Skripsi Universitas Sebelas, Surakarta.

Ardyansah Danis, (2014), Pengaruh Size, Leverage, Profitability, Capital Intensity Ratio Dan Komisaris Independen Terhadap Effective Tax Rate (ETR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Selama Periode 2010-2012). Jurnal Universitas Diponegoro, Semarang.

Anonim, (2012). Modus Penghindaran Pajak Di Sektor Properti Dan RealEstatehttp://www.pajakonline.com/engine/artikel/art.php?artid=9492.

Anonim, (2013). Kecurangan Developer Terhadap Pajak Properti. http://www.pajak.go.id/content/kecurangan-developer-terhadap-pajak-properti.

Ayu Erna Trisnadewi, A.A, (2010), Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Pada Kinerja Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Armstrong , Christopher S. et.al, (2014), Corporate Governance, Incentives, and Tax Avoidance. The Wharton School University of Pennsylvania.

Budiman & Setiyono, (2012), Pengaruh Karakter Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak (Tax Avoidance). Jurnal Akuntansi.

Dyreng, D. Scott., Michelle Hanlon, & Edward L. Maydew, (2008), Long-Run Corporate Tax Avoidance. Jurnal University of North Carolina at Cahpel Hill.

Diana Sari, Dr., SE., MSi., Ak., QIA, (2013), Konsep Dasar Perpajakan. PT. Refika Aditama, Jakarta.

Eko Raharjo, Teori Agensi Dan Teori Stewardship Dalam Perspektif Akuntansi. STIE Pelita Nusantara Semarang.

Febri Mashudi Pranata, Dkk. Pengaruh Karakteristik Eksekutif dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Universitas Bung Hatta.

Ghozali, Imam, (2012), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Grant Richardson dan Roman Lanis, (2007), Determinants Of The Variability In Corporate Effective Tax Rates And Tax Reform: Evidence From Australia. City University Of Hongkong And University Of Technology-Sydney.

Hanum, Hashemi Rodhian, (2013), Pengaruh Karakteristik Corporate Governance Terhadap Effective Tax Rate.

Hartadinata, Okta S. dan Heru Tjaraka, (2013), Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Aggressiveness Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2008-2010. Jurnal Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Mardiasmo, (2011), Perpajakan Edisi Revisi, 2011, CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Ni Nyoman Kristiana Dewi & Ketut Jati. Pengaruh Karakter Eksekutif, Karakteristik Perusahaan dan Dimensi Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Terhadap Tax Avoidance Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Nuralifmida Ayu Annisa & Lulus Kurniasih, (2011), Pengaruh Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Universitas Sebelas Maret.

Sri Mulyani, Dkk, (2013), Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Koneksi Politik, Dan Reformasi Perpajakan Terhadap Penghindaran Pajak. (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012). PS Perpajakan Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.

Surbakti, Theresa Adelina Victoria, (2012), Pengaruh Karakteristik Perusahaan dan Reformasi Perpajakan Terhadap Penghindaran Pajak Di Perusahaan Manufaktur, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.

Simarmata, Ari Putra Permata, (2014), Pengaruh Tax Avoidance Jangka Panjang Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2011-2012). Universitas Diponegoro, Semarang.

Umi Hanafi & Puji Harto, (2014), Analisis Pengaruh Kompensasi Eksekutif, Kepemilikan Saham Eksekutif Dan Preferensi Risiko Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Published
2018-07-27
How to Cite
Kartana, I. W., & Wulandari, N. G. A. S. (2018). PENGARUH KARAKTER EKSEKUTIF, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TAX AVOIDANCE. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(1), 1-13. https://doi.org/10.22225/kr.10.1.2018.1-13
Abstract viewed = 4537 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 5508 times