ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DIPERBARUI OLEH DELONE DAN MCLEAN DI KABUPATEN GIANYAR

  • Gusi Putu Lestara Permana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Mudiyanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kesuksesan Implementasi Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi yang diperbarui oleh DeLone dan McLean di Kabupaten Gianyar. Model DeLone dan McLean yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 konstruk yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna, dan Manfaat Bersih. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orang yang termasuk pengguna dari aplikasi SISKEUDES di Kabupaten Gianyar. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Metode analisis yang digunakan dengan mengevaluasi model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model).

References

BPKP. (2018a). Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Dalam Rangka Mengawal Prioritas Pemerintah (Nawa Cita). Retrieved September 3, 2018, from www.bpkp.go.id/sakd/konten/2448/Leaflet-SImda-Desa.bpkp

BPKP. (2015). Petunjuk pelaksanaan bimbingan dan konsultasi pengelolaan keuangan desa. Juklak Bimkon Pengelolaan Keuangan Desa.

Dewi, L. N. W., & Rini, I. S. I. G. A. (2018). Pengaruh Pengawasan Keuangan, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan. Krisna, Vol. 10(1), 57. Retrieved from http://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna

Jogiyanto, H. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi Publisher.

Jogiyanto,. dan Abdillah, W. (2016). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. BPFE Yogyakarta. (BPFE, Ed.). Yogyakarta.

Parasuraman, A. Valerie, 2001. (Diterjemahkan oleh Sutanto) Delivering Quality Service. The Free Press, New York.

PERMENDAGRI. PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (2014). Jakarta. Retrieved from www.keuangandesa.com

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Alfabeta, Ed.). Bandung

Wisudiawan, G. A. A. (2015). Analisis faktor kesuksesan sistem informasi menggunakan model delone and mclean. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan.

Yasa, I. W. E. S., & Ariyanto, D. (2017). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah Dengan Mengadopsi Model Delone & Mclean. E _Jurnal Akuntansi, 18(3), 2505–2533.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Khairrunnisa, U., & Yunanto, M. (2017). PENGARUH KUALITAS SISTEM TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DAN MANFAAT BERSIH PADA IMPLEMENTASI E-FAKTUR: VALIDASI MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. https://doi.org/10.35760/eb.

Rio Jumardi, Eko Nugroho, I. H. (2015). Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Informasi Skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “ Veteran †Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, ISSN 1907-5022, 7–13.

Wahyuni, T. (2011). Uji Empiris Model Delone Dan Mclean Terhadap Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA). Jurnal BPPK.

Published
2021-08-02
How to Cite
Permana, G. P. L., & Mudiyanti, N. W. (2021). ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KESUKSESAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DIPERBARUI OLEH DELONE DAN MCLEAN DI KABUPATEN GIANYAR. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(1), 75-85. Retrieved from https://www.ejurnal.warmadewa.ac.id/index.php/krisna/article/view/3743
Abstract viewed = 1329 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 1433 times