Implementasi Tugas Pacalang Dalam Mencegah Terjadinya Tindak Pidana Di Desa Adat Kabetan, Gianyar

  • Dewa Ayu Dwi Diah Novita Dewi Fakultas Hukum, Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • I Nyoman Sukandia Fakultas Hukum, Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
  • Diah Gayatri Sudibya Fakultas Hukum, Universitas Warmadewa, Denpasar, Indonesia
Keywords: Pacalang, Tindak Pidana, Upaya Penyelesaian Hukum

Abstract

Pacalang merupakan lembaga milik Desa Adat di Bali yang berperan menjaga keamanan dan ketertiban Desa Adat, termasuk Pacalang Desa Adat Kabetan, Gianyar. Penelitian ini mengkaji dua hal: implementasi tugas Pacalang dalam mencegah terjadinya tindak pidana di Desa Adat Kabetan, Gianyar dan hambatan yang dihadapi oleh Pacalang dalam mencegah terjadinya tindak pidana di Desa Adat Kabetan, Gianyar. Penelitian memiliki tujuan untuk mencermati dan memahami implementasi tugas Pacalang Desa Adat Kabetan dalam mencegah tindak pidana dan hambatan yang dihadapinya. Penelitian dilakukan secara empiris dan pendekatan secara yuridis empiris. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pacalang desa adat kabetan dalam mengimplementasikan tugasnya bukan saat upacara adat dan keagamaan saja, tetapi berpartisipasi dalam menjaga keamanan saat pemilu dan pemilukada. Pacalang menghadapi hambatan dari faktor internal dan faktor eksternal serta upaya penyelesaian hukum yang digunakan jika terjadi tindak pidana yaitu berdasarkan hukum adat dan hukum positif. Meskipun ditemukan hambatan dalam menjalankan tugasnya, pacalang tetap berkoordinasi dengan pihak terkait. Diharapkan peningkatan peranan dan pembinaan Pacalang serta elemen masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban wilayah di desa adat kabetan.

References

Hariyono, T. (2021). Mediasi Penal Sebagai Alternatif Upaya Penyelesaian Perkara Pidana Di Luar Pengadilan. Jurnal Penegakan Hukum dan Keadilan, 2(1).

I Gede Yoga Artha, A.A. Gde Oka Parwata, I. G. A. M. R. J. (2017). Penerapan Sanksi Adat Terkait Pelanggaran Kesusilaan (Studi Kasus Gamia Gamana Di Desa Pakraman Undisan Kelod, Tembuku, Bangli). Jurnal Kertha Desa, 4(2).

Jonaedi Efendi, J. I. (2018). Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. Depok: Prenadamedia.

Mertha. (2013). Transformasi Pacalang dan Pergeseran Perpolisian di Indonesia. Denpasar: Udayana University Press.

Muhammad, A. (2004). Hukum dan Penelitian Hukum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Mulyanto. (2021). Pecalang Kearifan Lokal Hukum Adat Bali. Jakarta: Lipi Press.

Raghib, R. A. dan F. (2015). Hukum Pidana. Malang: Setara Press.

Siska. (2021). Hukum Adat di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Suciati, D. A. P. (2021). Optimalisasi Peran Pecalang sebagai Representasi Desa Adat dalam Menunjang Percepatan Pencegahan Covid-19 di Provinsi Bali. Jurnal Bali Membangun Bali, 2(1).

Surpha, I. W. (1993). Eksistensi Desa Adat di Bali. Denpasar: Upada Sastra.

Published
2023-05-30
Abstract viewed = 202 times
PDF downloaded = 76 times