Implementasi Pengaturan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Lingkungan Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar di Era New Normal Covid-19

  • I Putu Ade Setiadi
  • Ni Komang Arini Sityawati
  • I Wayan Arthanaya

Abstract

Implementasi pengaturan “disiplin kerja pegawai negeri sipil pada lingkungan kantor dinas perpustakaan dan kearsipan kota Denpasar di era new normal covid-19 diatur dalam Surat Edaran nomor 58 tahun 2020 tentang sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal baru, Sistem kerja ASN akan berbeda seperti sistem sebelumnya yakni dengan mengedepankan pencegahan penularan Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimanakah implementasi penetapan standar disiplin kerja terhadap pegawai negeri sipil pada lingkungan kantor dinas perpustakaan dan kearsipan kota denpasar ? dan bagaimanakah sanksi hukum terhadap pegawai negeri sipil yang melakukan tindak pelanggaran disiplin pada lingkungan kantor dinas perpustakaan dan kearsipan kota denpasar ? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris, serta sumber data primer dan sumber data sekunder. Peraturan Pemerintah No 94 Tahun 2021 dan Surat Edaran Nomor 800/2471/BKPSDM terdapat 3 klasifikasi sanksi hukum bagi pegawai pada Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 yaitu: pelanggaran disiplin ringan yang terdapat dalam Pasal 9â€, pelanggaran disiplin sedang terdapat dalam Pasal 10, dan pelanggaran disiplin berat terdapat dalam Pasal 11

References

Firdaus MG. Abd Karim, 2019, Implementasi Penegakan Disiplin Pegawai Negeri Sipil badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, e-Jurnal Katalogis.
Muh Kadarsiman, 2018, Manajemen aparatur Sipil negara. Rajawali Press, Depok.
Padmaningrum, 2021, Pengembangan Karier dan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara, Yogyakarta, Samudra Biru.
Rachmat Setiawan, 2017, Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, Kota Bandar Lampung.
Rosidi, A., & ROSIDI, E. N, 2020, Penerapan new normal (kenormalan baru) dalam penanganan Covid-19 sebagai pandemi dalam hukum positif. Jurnal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani.
Soerjono soekanto, 1997, Kesadaran hukum dan kepatuhan hukum. Jurnal Hukum & Pembangunan.
Wahyono, A. D, 2015, Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Pati (Doctoral dissertation), Universitas Negeri Semarang.
Published
2023-01-31
Abstract viewed = 115 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 228 times