Pengelolaan Zakat Baznas Kota Binjai Pada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Penerapan UU No. 23 Tahun 2011 Tentang Zakat)

  • Harry Permana Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sukiati Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Syafruddin Syam Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Pendidikan, Baznaz, Zakat, Covid 19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam pengelolaan zakat dikalangan masyarakat. Sementara itu zakat sendiri merupakan perintah yang memiliki dimensi vertikal dan horizontal, yakni dimensi sosial dan ketuhanan. Pada dimensi sosial, zakat secara nyata menjadi salah satu washilah dalam proses pengentasan kemiskinan, sebab dalam terminologi fikih, salah satu golongan orang yang menerima zakat adalah mereka yang berada pada garis kemiskinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner dan wawancara. Data sekunder berupa dokumentasi laporan BAZNAS Kota Binjai. Hasil penelitian ini secara umum menjelaskan bahwa secara umum zakat berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Maka dari itu zakat harus dikelola dengan baik agar memberikan kemanfaatan yang lebih luas bagi umat.

References

Afdali, A. A., Sanusi, N. T., & Cahyani, A. I. (2021). Pengelolaan Zakat Terhadap Pengentasan Kemiskinan Pada Baznas Kabupaten Soppeng. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah, 2(2).

Ahmad Nur Shobah dan Fuad Yanuar Akhmad Rifai. (2020). “Konsep Ekonomi Islam dalam Peningkatan Kesejahteraan Mustahiq Melalui Zakat Produktif (BAZNAS) Kabupaten Purworejo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3).

Ali, M. D. (1988). Sistem Ekonomi Islam Zakat dan Wakaf. UI Pres.

Andri. (2020). Sentralisasi Pengelolaan Zakat di Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2).

Aulia Deva Ferdana, Ahmad Ajib Ridlwan, Clarashinta Canggih, K. F. (2022). ZGeneration’s Intention to Use Zakat Digital Payment: The Mediating Effect of Trust. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 9(2).

Azizah, S. N., & Fitriyani, Y. (2018). Model Pengembangan Ekonomi Pesantren Berbasis Kearifan Lokal: Studi Kasus Ponpes Sidogiri. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 1, 68–76.

Cahyono Bayu Aji, Muhammad Yafiz, M. S. (2017). Pemikiran Ekonomi Islam Indonesia. Al-Muamalat Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syari, 2(2).

Dedi Purnomo, H. (2022). Implementasi Pendistribusian Zakat Melalui Program Siak Sejahtera Oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Siak (Study Penelitian Kecamatan Koto Gasib). Jurnal Kemunting, 3(2).

Erlindawati, E. (2016). Motivasi Masyarakat Dalam Membayar Zakat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 5(2).

Hadi, M. (2019). Sinergisitas Hukum Zakat Fitrah. IAIN Kendari.

Ma’arif, M. J. (2018). Nilai-Nllai·Pendidikan Dalam Pelaksanaan Zakat. AT-TUHFAH: Jurnal Keislaman, 7(1).

Mas’ut. (2019). Strategi Penghimpunan Dan Penyaluran Dana Zakat Di Baznas Kabupaten Nganjuk. Urnal Dinamika Ekonomi Syariah, 6(1).

Sohrah. (2012). Zakat dan Kebijakan Fiskal Meretas Akar-Akar Kemiskinan. Alauddin University Press.

Wahyu, A. R. M., & Anwar, W. A. (2020). Sistem Pengelolaan Zakat Pada Baznas. Al-Azhar Journal of Islamic Economics, 2(1).

Widhyasti, S. A. (2021). Pendekatan Kualitatif: Model Penyaluran Zakat Yang Efektif Di Lembaga Amil Zakat. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 22(1).

Published
2023-04-24
Abstract viewed = 213 times
PDF downloaded = 138 times