ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO (CR), RETURN ON ASSET (ROA), DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2017-2021

  • Ida Ayu Gita Sri Mahadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Luh Kade Datrini Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • A.A. Ayu Erna Trisnadewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Saat ini masyarakat telah menyadari pentingnya investasi, salah satunya adalah investasi saham, namun karena resikonya yang tinggi maka investor sangat membutuhkan informasi yang relevan agar dapat mengambil keputusan investasi yang memberikan keuntungan yang besar. Bank yang saat ini memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat juga perlu melakukan pengaturan yang baik guna meningkatkan kinerja perusahaan, salah satunya penghimpunan dana untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris current ratio (CR), return on asset (ROA), dan price earning ratio (PER) terhadap harga saham perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode Tahun 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan perbankan yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji-F dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel current ratio (CR), return on asset (ROA) dan price earning ratio (PER) memiliki pengaruh yang positif terhadap harga saham perbankan.

References

Fauzi, Rizki Ahmad. (2017). Sistem Informasi Akuntansi (Berbasis Akuntansi).

Yogyakarta: Deepublish.

Hartono, Jogiyanto. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Husnan, Suad & Enny Pudjiastuti. (2015). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi Ketujuh. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Revisi, Cetakan Ke-Sebelas. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Qorinawati, Vika. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Emiten Yang Konsisten Masuk Dalam Indeks Lq45 Tahun 2015-2017). Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Sitanggang, J. P. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan Ed. 2. Jakarta: Mitra Wacana Medis.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandelilin, Eduardus (2017), Pasar Modal: Manajemen Portofolio dan Investasi. Yogyakarta: PT Konisius.

Utami, Wuri Retno. 2018. Pengaruh Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2016). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wiagustini, Ni Luh Putu. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Denpasar: Udayana University Press.

www.idx.co.id.

Published
2023-11-17
How to Cite
Gita Sri Mahadewi, I. A., Datrini, L. K., & Erna Trisnadewi, A. A. (2023). ANALISIS PENGARUH CURRENT RATIO (CR), RETURN ON ASSET (ROA), DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2017-2021. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 4(2), 25-30. https://doi.org/10.22225/jraw.4.2.8469.25-30
Abstract viewed = 133 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 92 times