PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, AKUNTABILITAS DAN OBJEKTIVITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BALI

  • Komang Adita Tri Marlina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • I.B Made Putra Manuaba
  • Putu Budi Anggiriawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Auditing adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai kepentingan. Diketahui terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas audit antara adalah lain kompetensi, independensi, akuntabilitas dan objektivitas auditor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, independensi, akuntabilitas dan objektivitas auditor terhadap kualitas audit pada Kantor Akuntan Publik di Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bali. Penentuan sampel menggunakan sampling jenuh yang berjumlah 55 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Independensi tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. Akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Objektivitas auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit.

References

Andono Susilo, P., & Widyastuti, T. (2015). Integritas, Objektivitas, Profesionalime Auditor dan Kualitas Audit di Kantor Akuntan Publik Jakarta Selatan. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 2(1), 65–77.

Harjanto, A. P. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Objektivitas, Akuntabilitas, Integritas terhadap Kualitas Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris KAP di Kota Semarang). E- Journal FEB Universitas Diponegoro, 2(1), 1–81.

Haryanto, N. O., & Susilawati, C. (2018). Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Bisnis, 16 (2), 17-31.

Ilham, M., Suarthana, W. R., & Surono, S. E. (2019). Pengaruh Kompetensi, Integritas, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Inspektorat Kota Bogor). Jurnal Kharisma, 3(1), 267–278.

Ismiyati, A. A. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Banten). Jurnal Riset Akuntansi Tirtayasa, 4(1), 89–101.

Marsista, G. A. M., Merawati, L. K., & Yuliastuti, I. A. N. (2021). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas, Kompleksitas Tugas Dan Audit Tenure Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Kharisma, 3(1), 162–172.

Marwa, T., Wahyudi, T., & Kertarajasa, A. Y. (2019). The Effect of Competence, The Effect of Competence, Experience, Independence, Due Professional Care, And Auditor Integrity On Audit Qualitiy With Auditor Ethics As Moderating Variable. Journal of Accounting Finance and Auditing Studies (JAFAS), 5(1), 80–99.

Nabir, A. M. (2019). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Dan Objektivitas Auditor Terhadap Kualitas Audit Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(2), 1–6.

Nainggolan, E. P. (2016). Pengaruh Akuntabilitas, Objektivitas Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi Study Kasus Pada Kantor Akuntan Publik Di Kota Medan. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(1), 31–46.

Nurjanah, I. B., & Kartika, A. (2016). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Etika, Pengalaman Auditor, Skeptisme Profesional Auditor, Objektifitas dan Integritas Terhadap Kualitas Audit. Dinamika Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 5(2), 123–135

Published
2023-11-17
How to Cite
Adita Tri Marlina, K., Putra Manuaba, I. M., & Budi Anggiriawan, P. (2023). PENGARUH KOMPETENSI, INDEPENDENSI, AKUNTABILITAS DAN OBJEKTIVITAS AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BALI. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 4(2), 19-24. https://doi.org/10.22225/jraw.4.2.8468.19-24
Abstract viewed = 230 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 96 times