PENGARUH KEAHLIAN AUDIT, KOMPLEKSITAS TUGAS, PENGALAMAN AUDITOR, DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP AUDIT JUDGMENT

  • Ni Kadek Wulan Sari Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Ida Ayu Surasmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa Denpasar, Bali
  • I Dewa Ayu Kristiantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keahilan audit, kompleksitas tugas, pengalaman auditor, tekanan anggaran waktu terhadap audit judgment. Fenomenanya yaitu adanya kasus kegagalan audit yang dilakukan oleh auditor pada Kantor Akuntan Publik. Populasi dalam penelitian adalah auditor pada Kantor Akuntan Publik di Bali, sampel yang digunakan yaitu sebanyak 74 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Uji kelayakan yang digunakan yait uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa keahilan audit berpengaruh positif dan signfikan terhadap audit judgment, kompleksitas tugas berpengaruh negatif signifikan terhadap audit judgment, pengalaman auditor berpengaruh positif signifikan terhadap audit judgment, tekanan anggaran waktu berpengaruh negatif signifikan terhadap audit judgment. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah Kantor Akuntan Publik di Bali meningkatkan audit judgment dengan memberikan pelatihan kepada auditor, mampu menyelesaikan tugas yang kompleks, mengkoreksi atau menjelaskan tugas yang diberikan kepada auditor, serta auditor lebih banyak mengaudit klien agar terlatih untuk mengaudit. Kemudian Kantor Akuntan Publik di Bali hendaknya memberikan waktu yang cukup dalam melaksanakan audit.

References

Abdillah, T.R., Setyadi, E.J., Santoso, S.B., & Mudiyanti, R. (2020). Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu, Tekanan Ketaatan, dan Pengalaman Auditor Terhadap Audit Judgment (Studi Pada Kantor Akuntan Publik Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal EMBA. Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Vol 1, No.1Juli 2020.

Aida, N. (2021). Work Experience, Obedience Pressure and Task Complexity on Auidt Judgment. Golden Ratio of Auditimh Research, 1(2). 61-69.

Alam, S., Haerudin, S.H., & Arfah, E.A. (2021). Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu, Kompleksitas Tugas, dan Tekanan Ketaatan Terhadap Audit Judgment Pada Kantor Perwakilan BPKP Mamuju Sulawesi Barat. Journal of Economics, Management and Accounting. Vol. 16, No. 1, JunI 2021.

Muslim, Pelu, M.F.AR., & Mentari KS. (2018). Pengaruh Kompetensi Auditor, Tekanan Ketaatan, dan kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Inodnesia.

Panduwinata, T. (2021). Pengaruh Tekanan Ketaatan, Self Efficacy, Kompleksitas Tugas, Dan Pengalaman Terhadap Audit Judgment Pada Kantor Akuntan Publik di Bali. Skripsi. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa.

Prayasti, A.Y. (2020). Pengaruh Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Pengalaman, dan Keahlian Auditor Terhadap Audit Judgement Pada Kantor Akuntan Publik Provinsi Bali Skripsi. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa.

Sari, D.K. (2019). Pengaruh Pengalaman, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas Tugas, Dan Keahlian Auditor Terhadap Audit Judgment Pada KAP di Bali. Skripsi. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa.

Srinadi, A. (2019). Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, Pengalaman Auditor, Dan Tekanan Anggaran Waktu Terhadap Audit Judgment (Studi Pada Kantor Akuntan Publik di Provinsi Bali). Skripsi. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa.

Widyasari, M. (2019). Pengaruh Tekanan Ketaatan, Self Efficacy, Kompleksitas Tugas, Independensi & Keahlian Auditor Terhadap Audit Judgment Pada Kantor Akuntan Publik di Bali. Skripsi. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa.

Widyatmika, A. (2020). Pengaruh G1ender, Penaglaman Auditor, Tekanan Ketaatan & Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment Pada Kantor Akuntan Publik di Bali. Skripsi. Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Published
2023-07-10
How to Cite
Dewi, N. K. W. S., Surasmi, I. A., & Kristiantari, I. D. A. (2023). PENGARUH KEAHLIAN AUDIT, KOMPLEKSITAS TUGAS, PENGALAMAN AUDITOR, DAN TEKANAN ANGGARAN WAKTU TERHADAP AUDIT JUDGMENT. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 3(2), 24-29. https://doi.org/10.22225/jraw.3.2.7631.24-29
Abstract viewed = 110 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 100 times