Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Investor Pemula Yang Terdaftar di Galeri Investasi Universitas Warmadewa )

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Investor Pemula Yang Terdaftar di Galeri Investasi Universitas Warmadewa )

  • Kadek Linda Puspita Yani Universitas Warmadewa
  • I Made Sara Universitas Warmadewa
  • A.A.A Erna Trisna Dewi

Abstract

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawara umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan  efek  yang diterbitkannya serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.  Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-fator yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah berinvestasi di pasar modal melalui Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Universitas Warmadewa dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi program S1 Angkatan Tahun 2016 sejumlah, dengan responden sebanyak 100 mahasiswa.  Variabel  dependen  dalam penelitian ini adalah minat  dan  variabel  independen  dalam  penelitian  ini adalah modal investasi minimu, persepsi return, persepsi  risiko,  manfaat investasi dan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan data  primer  yang  diperoleh  dari  data  kuesioner  yang  diukur dengan skala likert. Teknik analisis data  yang  digunakan  dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang kemudian diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel modan investasi minimum (X1) berpengaruh positif  dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi saham di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,035, variabel persepsi return (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,025, variabel persepsi risiko (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,013, variabel manfaat investasi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,044, variabel motivasi (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar modal dengan tingkat signifikansi sebesar 0,033.

 

Kata kunci:    Minat, Modal Investasi Minimum, Persepsi Return, Persepsi Risiko Manfaat dan Motivasi.

 

Published
2020-06-22
How to Cite
Linda Puspita Yani , K., Sara, I. M., & Erna Trisna Dewi, A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Investor Pemula Yang Terdaftar di Galeri Investasi Universitas Warmadewa ): Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Kasus Pada Investor Pemula Yang Terdaftar di Galeri Investasi Universitas Warmadewa ). Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(2), 37-45. https://doi.org/10.22225/jraw.1.2.1838.37-45
Section
Articles
Abstract viewed = 1893 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 3302 times

Most read articles by the same author(s)