PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PENGALAMAN DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KUALITAS AUDIT

  • Tika Widyasariii Gusti Ayu
  • Ni Nengah Seri Ekayani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa
  • Gusti Ayu Intan Saputra Rini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Warmadewa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, pengalaman kerja dan etika profesi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Lokasi penelitian ini yaitu Kantor Akuntan di Publik Provinsi Bali. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan di Publik Provinsi Bali yang terdaftar di direktori IAPI Wilayah Bali dan masih aktif sampai 2022. Terdapat 97 orang auditor yang bekerja di 11 KAP di Provinsi Bali. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah sejumlah 52 orang auditor di 11 KAP di Provinsi Bali. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Determinasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil: kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, pengalaman kerja dan etika profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit secara simultan. kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit. Etika profesi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit

References

Agoes, S., & Ardana, I. C. (2014). Etika Bisnis Dan Profesi-Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Bayazidi, P. (2021).Impact of auditor intellegence quotient on audit quality. Departement of Accounting, Faculty of Management and Accounting Allameh, Tabataba’i University, Tehran, Iran.

Bertha, E. N., Mery, U. U., Sita, D., & Dwi. L. (2021). Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja dan Etika Profesi Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Jakarta Pusat. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Reaseach, 5(2).

Cristiane, M., Edicreia, S., Joshua, I., & Luiz, S. (2021). Effects of Emotional Intellegence on the Relationship Between Individual and Contextual Factors on the Quality of Internal Auditing in Federal Educational Institutions in Brazil. International Journal of Finance & Banking Studies, 11(2), 118-127.

Dewi, P. P., & Ramadhanti, S. W. (2019). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Independensi, Etika Profesi dan Kinerja Auditor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 3(2), 184-196

Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. (Alex Tri Kantjono, Penerjemah). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kumala, D. & Diskhamarzaweny, D. (2021). Pengaruh Etika Pfofesi, Kecerdasan Emosional, Due Profesional Care dan Pengalaman Kerja Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik Di Pekanbaru). Bilancia (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 193-204.

Manurung, S., Firmansyah, H., & Nurhidayah (2021) Auditing. Bandung: Media Sains Indonesia.

Onyewuchi. V. E. (2019). Audit Practice and Professional Ethics: A Study of Selected Auditors Practicing in Imo State, Nigeria. Internasional Journal of Advanced Studies in Economics and Public Sector Management, 7(1).

Pratama, D. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadapa Kualits Audit Pada Akuntan Publik Kota Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Saputra, M. D., Hartaty, S., & Amri, D. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Etika Profesi Terhadap Kualitas Audit (Studi Emppiris Pada 3 Kantor Akuntan Publik Jakarta Selatan dan Depok). Jurnal Akuntanika, 7(1).

Tati, G.& Effendi, S. (2020). Pengaruh Pengalaman, Profesionalisme dan Etika Auditor Terhadapa Kualitas Audit Di Kantor Akuntan Publik Kota Batam. Jurnal Akrab Juara, 5(3), 186-197.

Published
2024-07-17
How to Cite
Gusti Ayu , T. W., Seri Ekayani, N. N., & Intan Saputra Rini, G. A. (2024). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PENGALAMAN DAN ETIKA PROFESI TERHADAP KUALITAS AUDIT. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 5(1), 59-64. https://doi.org/10.22225/jraw.5.1.10004.59-64
Abstract viewed = 57 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 56 times