PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK DAN SANKSI PERPAJAKAN SAMSAT KARANGASEM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Samsat Karangasem dengan sampel penelitian yang berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan Teknik accidental sampling. Seluruh data yang diperoleh dari distribusi kuisoner layak digunakan, selanjutnya dianalisis  menggunakan regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan Wajib Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Samsat Karangasem. Hal ini menunjukkan semakin baik atau meningkat Pengetahuan Wajib Pajak, maka akan semakin meningkat pula Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Samsat Karangasem (2) Kualitas Pelayanan Pajak berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Samsat Karangasem. Hal ini menunjukkan semakin baik atau meningkat Kualitas Pelayanan Pajak, maka akan semakin meningkat pula Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Samsat Karangasem (3) Sanksi Perpajakan berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Samsat Karangasem. Hal ini menunjukkan semakin baik atau meningkat Sanksi Perpajakan maka akan semakin meningkat pula Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Samsat Karangasem.
References
Ahmad, Yushita. 2019. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul. Jurnal Fakultas Ekonomi UNY, 7(5).
Humairo & Sitorus. 2019. pengaruh pengetahuan perpajakan dan E-commerce Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Internal Control sebagai Variabel Moderating. Media Akuntansi Perpajakan.
Madiasmo. 2018. Perpajakan . Yogyakarka: CV Andi Offset.
Nashar. 2020. Kualitas Pelayanan Akan Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat.
Prayitna, S. (2022). Pengaruh Sistem Samsat Drive Thru, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Pengetahuan Perpajakan Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak DalamMembayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib pajak SAMSAT Kota Surakarta). KRAITH-EKONOMIKA, 1(5).
Robbins, S. P. 2008. Organizational Behavior Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Selvianah, M., & Hidayat, I. 2022. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Pelayanan Pajak Terhadap Keputusan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Tanggerang. Bongaya Journal of Research in Accounting, 5(1), 1-10.
Siti Kurnia Rahayu. 2018. Tax Amnesty Policy As Tax Reform Foundation. https://icobest.unikom.ac.id [10/04/2019]>
widajantie, T. D. 2020. Pengaruh Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Pajak, DanPelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Surabaya Selatan). Behavioral Accounting Journal, 129-143.