Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Kepada Siswa SD 1 Ubud Melalui Permainan dan Lagu

  • I Made Astu Mahayana Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • Made Sani Damayanthi Muliawan Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali
  • Ni Kd Sioaji Yamawati Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali

Abstract

Mengingat pentingnya penguasaan Bahasa Inggris, maka pengenalannya sejak dini kepada anak-anak sangatlah penting. Pada pelaksanaannya, bahasa Inggris bukanlah bahasa yang mudah untuk diajarkan kepada siswa Sekolah Dasar. Terdapat tiga alasan utama bahasa Inggris sulit untuk diajarkan, salah satunya adalah kata maupun kalimat dalam bahasa Inggris sukar untuk diucapkan karena berbeda antara penulisan dan pelafalannya. Penerapan pelajaran bahasa Inggris sejak dini pada siswa SD sangatlah bermanfaat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pengajaran kepada para siswa SD Negeri 1 Ubud dengan metode permainan (games) serta media pembelajaran berupa lagu. Pengabdian ini dilakukan di SD Negeri 1 Ubud yang merupakan salah satu SD yang terletak di kawasan Kelurahan Ubud. Proses pembelajaran yang dilakukan adalah mengajarkan kosakata bahasa Inggris yang benar dengan menggunakan metode permainan untuk anak siswa kelas 2 SD, yang dilanjutkan pembelajaran dengan media lagu. Kegiatan ini mendorong para siswa agar tertarik dan senang dalam belajar Bahasa Inggris. Dengan metode tersebut, siswa akan merasa bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

References

Fauziati, E. (2010). Teaching English As a Foreign Language. Era Pustaka Utama.

Sahrawi, Hafis, M., Sari, D. S., Astuti, D. S., & Wiyanti, S. (2018). Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Games Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Smp Awaluddin. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 166. https://doi.org/10.31571/gervasi.v2i2.1005

Stakanova, E., & Tolstikhina, E. (2014). Different Approaches to Teaching English as a Foreign Language to Young Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 146, 456–460. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.08.154

Suwartono, & Rahadiyanti, D. P. (2014). Penggunaan MediaLagu Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(1).

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Pedagogia.

Suyanto, & K.E, K. (2008). English For Young Learners. Bumi Aksara.

Published
2022-07-07
Section
Articles
Abstract viewed = 257 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 478 times