Edukasi Metode Penyapihan ASI Sebaga Upaya Nyata Penerapan Program Community Oriented Medical Education di Desa Pengiangan Kawan, Bangli

  • Ni Made Dwinda Handayani Universitas Warmadewa, Denpasar, Bali
  • Putu Nita Cahyawati (Scopus ID: 57203956416) Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa University
Keywords: air susu ibu, ASI, penyapihan ASI, community oriented medical education, COME

Abstract

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang sangat dibutuhkan bagi anak, karena mengandung nutisi penting untuk tumbuh kembang serta imunitas. Komposisi ASI akan berubah dalam periode waktu terentu seiring dengan bertambahnya usia anak. Proses penyapihan ASI merupakan salah satu permasalahan yang dialami oleh keluarga angkat. Program edukasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu terkait definisi penyapihan ASI, waktu yang tepat untuk menyapih ASI, dampak apabila masa menyapih terlalu keras maupun terlalu lemah, faktor-faktor yang mempengaruhi penyapihan ASI, serta proses penyapihan ASI yang baik. Kegiatan dilaksanakan secara secara offline dan online. Indikator keberhasilan program dinilai berdasarkan dua parameter yaitu: terlaksananya program edukasi dan peningkatan hasil posttest dibandingkan pretest. Penilaian progran dikatakan “Baik†apabila memenuhi kedua indikator, dikatakan berlangsung “Cukup†bila hanya memenuhi satu indikator, dan dikatakan “Kurang†bila tidak ada indikator yang terpenuhi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai postest dibandingkan pretest. Kesimpulan tentang pelaksanaan program edukasi ini yaitu tergolong dalam kategori “Baik†Hal ini mengacu pada terpenuhinya 2 indikator keberhasilan program yaitu terlaksananya program edukasi serta peningkatan nilai pretest dan posttest. Akan tetapi, diperlukan upaya monitoring secara berkala untuk menilai apakah materi edukasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: pemasaran digital; pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan sampah, UMKM naik kelas.

 

Author Biography

Putu Nita Cahyawati (Scopus ID: 57203956416), Faculty of Medicine and Health Sciences, Warmadewa University

Pharmacology and Pharmacy Scopus ID

References

Cahyawati, P. N., Lestarini, A., & Saniathi, N. K. E. (2021). Konsultasi Online Dan Pendampingan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19. Buletin Udayana Mengabdi, 20(24), 123–128.

Cahyawati, P. N., Pradnyawati, L. G., & Ningsih, N. L. A. P. (2021). Analisis dan Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Pekerja Salon dan Spa. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(7), 328–334. https://doi.org/10.36418/comserva.v1i7.50

Cahyawati, P. N., Saniathi, N. K. E., Pradnyawati, L. G., & Fakultas. (2021). Edukasi Prosedur Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Pada Kelompok Pemandu Wisata di Bali. Community Services Journal (CSJ), 4(1), 111–116.

Djaiman, S. P. H. (2009). Besarnya Peluang Usia Penyapihan Anak Baduta Di Indonesia Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 19(1), 1–8. http://repository.litbang.kemkes.go.id/1357/1/881-1871-1-PB.pdf

Djaiman, S. P. H., Suryaputori, I. Y., Safitri, A., & Rossa, B. C. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Probabilitas Waktu Penyapihan Anak Baduta di Indonesia pada Tahun 2013. Buletin Penelitian Kesehatan, 47(2), 89–96.

Permatananda, P. A. N. K., Aryastuti, A. A. S. A., Cahyawati, P. N., & Udiyani, D. P. C. (2020). Online Based Community Empowerment in Bukian Village, Bali as an Effort to Prevent Covid19 Transmission. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(4), 187–196.

Published
2022-07-07
Section
Articles
Abstract viewed = 510 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 459 times