Peranan Closed Circuit Television (Cctv) Sebagai Alat Bukti Dalam Persidangan Perkara Pidana

  • I Dw. Agung Md. Krisna Pranata Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
  • Simon Nahak Magister of Law, Post Graduate Program, Universitas Warmadewa
  • I Made Minggu Widyantara Universitas Warmadewa, Denpasar-Bali, Indonesia
Keywords: Electronic Proof, Evidence, Criminal Cases

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini membawa perubahan dalam bidang kehidupan manusia, baik sektor ekonomi, sosial, budaya, politik dan hukum, yang melahirkan aturan baru yaitu Undang-Undang No. 19 Tahun 2016 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik, yang mengatur segala aktivitas elektronik, termasuk juga mengatur mengenai alat bukti electronik. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu bagaimanakah peranan informasi dan dokument electronik sebagai alat bukti? Dan bagaimanakah pengaturan CCTV sebagai alat bukti dalam persidangan perkara pidana? Metode yang digunakan yaitu metode normatif dengan studi kepustakaan dari bahan bidang hukum primer dan skunder. Adapun simpulan dari rumusan masalah yaitu peran informasi dan atau dokument electronik sebagai alat bukti, haruslah di maknai kususnya frasa informasi serta dokumen electronik yang merupakan alat bukti haruslah di lakukan dalam hal upaya penegakkan hukum atas permintaan dari Kepolisian, Kejaksaan serta institusi penegak hukum lain. Pengaturan CCTV sebagai alat bukti dalam persidangan perkara pidana pada hakekatnya tidak mampu di pisahkan dari UU ITE serta Putusan Mahkamah Konstitusi No. 20/PUU-XIV/2016. CCTV masuk dalam ketentuan Pasal 1 angka 1 dan angka 4 yang merupakan alat bukti sah pada hukum acara yang diterapkan, yang mana bisa dipergunakan sebagai alat bukti dalam proses penyidikan, penuntutan dan persidangan.

 

Author Biography

Simon Nahak, Magister of Law, Post Graduate Program, Universitas Warmadewa

References

Abraham, W., & Firmansyah, H. (2018). Analisis Pembuktian Alat Bukti Closed Circuit Television (CCTV) Sebagai Alat Bukti Petunjuk. Jurnal Hukum Adigama, 1(2).
Alfitra. (2014). Hukum Pembuktian Dalam Beracara Pidana, Perdata Dan Korupsi Di Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Raih Asa Sukses.
Septian, J. (2017). Kedudukan CCTV (closed circuit television) dalam Pembuktian di Persidangan ditinjau dari UU ITE, KUHAP, dan RKUHAP (Studi Kasus Putusan Nomor: 65/Pid.B/2014/PN.Kds. Pidan,. Universitas Negeri Semarang.
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.
Putusan Mahkamah Konstitusi No. 20/PUU-XIV/2016.
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana.
Published
2020-05-12
Abstract viewed = 457 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 4645 times