Hubungan Lama Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah di TK Tunas Mekar Sari, Denpasar

  • Gusti Ayu Made Landhevi Paramasanthi Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Diah Witari Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Indah Kusumadewi Riandra Universitas Warmadewa
Kata Kunci: perkembangan sosial, gadget, anak prasekolah

Abstrak

Istilah "perkembangan sosial anak" menggambarkan bagaimana anak-anak mengubah cara mereka saat mereka tumbuh untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma masyarakat mereka. Perkembangan sosial anak prasekolah menjadi rumit karena efek penggunaan gadget. Secara umum, teknologi berpotensi meningkatkan komunikasi, lingkaran sosial, dan kesempatan pendidikan anak. Perkembangan sosial anak mungkin terpengaruh oleh penggunaan gadget yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah hubungan lama penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak prasekolah. Investigasi Penelitian ini menggunakan korelasi analitis pendekatan  cross-sectional dengan 82 orang responden orang tua yang dipilih secara consecutive sampling. Informasi dikumpulkan dengan meminta orang tua anak untuk mengisi survei tentang perkembangan sosial anak dan berapa lama anak menggunakan berbagai perangkat elektronik. Hubungan antara lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak dianalisis menggunakan uji chi-square (p < 0,05).Mayoritas anak berusia 6 tahun (57,3%), orang tua bergelar sarjana (33,8%) dan bekerja di sektor swasta (53,7%). Mayoritas perkembangan sosial anak tergolong kurang (65,9%) dan anak menggunakan gadget dalam jangka waktu yang lama (64,6%). Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanyahubungan antara lamanya waktupenggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak prasekolah di TK Tunas Mekar Sari Denpasar  yang signifikan secara statistic (p < 0.001). Semakin lama anak bermain gadget maka perkembangan sosial anak semakin kurang.  

 

Referensi

Wulandari D, Herniati D. Deteksi Dini Gangguan Mental dan Emosional pada Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget. Jurnal Keperawatan Silampari. 2019;3(1):382–92.

Fadilah F. Pendampingan orangtua Dalam Pengaruh Penggunaan gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah. [Cirebon]: STIKES Ahmad Dahlan Cirebon; 2022.

Mukarromah T. Dampak Penggunaan gadget Pada Perkembangan Sosial Anak Usia Dini di Dusun Setia Bumi Kecamatan Seputih Banyak. IAIN Metro; 2020.

Ikeu N, Ranti G, Gusgus R, Nuroktavia H. Deteksi dan Stimulasi Perkembangan Sosial pada Anak Prasekolah: Literatur Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak. 2020;3(2):42–58.

Marpaung J. Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. Journal of the Counseling Guidance Study Program. 2018;5(2).

Kominfo. Pengunaan gadget Di Indonesia 2021, Hasil Survei Di 34 Provinsi. 2021.

BPS. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, 2021. Persentase Penduduk Usia 5 Tahun Ke Atas Yang Mengakses Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam 3 Bulan Terakhir Menurut Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali 2019-2021. 2021.

Saifullah M. Hubungan Penggunaan gadget Terhadap Pola Tidur Pada Anak Sekolah Di UPT SDN Gadingrejo II Pasuruan. [Gadingrejo]: Fakultas Keperawatan; 2018.

Irmayani S, Alam R. Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Gadget. Window Of Nursing Journal. 2021;

Heni G, Mujahid A. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Pra-Sekolah. Jurnal Keperawatan Silampari. 2018;2(1):330–42.

Pratiwi S. Hubungan Lama Penggunaan gadget Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah. [Mojokerto]: STIKES Bina Sehat PPNI Mojokerto; 2021.

Novitasari W, Khotimah N. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Teratai. 2016;5(3):1–4.

Mayenti N, Sunita I. Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini di paud dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Jurnal Sain Dan Kesehatan. 2018;9(1):208–13.

Kharmina N. Hubungan antara tingkat pendidikan orangtua dengan orientasi pola asuh anak usia dini. [Semarang]; 2011.

Sari T, Mitsalia A. Pengaruh penggunaan gadget terhadap personal sosial anak usia pra sekolah di TKIT Al Mukmin. Media Publikasi Penelitian. 2016;13(2).

Moonik P, Hesti L, Rocky W. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. eCL. 2015;3(1):124–32

Diterbitkan
2024-06-29
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 46 times
PDF downloaded = 53 times