Hubungan Kejadian Bullying dengan Gangguan Tidur pada Siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara

  • I Putu Satyawan Rama Natha Universitas Warmadewa
  • Putu Asih Primatanti Universitas Warmadewa
  • Ni Putu Diah Witari Universitas Warmadewa
Kata Kunci: bullying, gangguan tidur, siswa SMA

Abstrak

Tindakan bullying seringkali terjadi di lingkungan sekolah.  Perilaku bullying secara fisik maupun secara non fisik akan berdampak pada emosional, sosial, fisik, hingga psikologis. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui kaitan bullying dan gangguan tidur terhadap siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara. Penelitian ini berjenis analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel ditentukan dengan metode simple random sampling sejumlah 104 orang. Pelaksanaan dijalankan pada bulan Februari-Mei 2024. Analisis data menggunakan Chi-Square memperlihatkan total p< 0.05 (0,046) yang berarti ada kaitan antara bullying dan gangguan tidur siswa. Siswa diharapkan dapat berpartisipasi dalam pada upaya pencegahan bullying di sekolah dan penelitian selanjutnya diharapkan untuk meneliti faktor lain yang mempengaruhi hubungan kejadian bullying dengan gangguan tidur.

 

Referensi

Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Tradisi Bullying di satuan. 2020 [cited 2022 Jun 4]. Available from: https://www.kemenpppa.go.id

Saferius B, Sri FL, Zagoto, Bestari L. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Bullying di SMA Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2022;2(1).

Muhammad W, Amanda B, Nickerson. Identifying and Addressing Bullying. StatPearls Publishing; 2024.

Ana PS, Nicole H, Ainoa M, Maia MH. Personality Traits and Self-esteem in Traditional Bullying and Cyberbullying. Pers Individ Dif. 2021;177–110809.

Crivello, Antonino, Barsocchi. The Meaning of Sleep Quality: A Survey of Available Technologies. Research Gate. 2019;PP.

Qian W, Yujie L, Komi M. Bully Victimization is a Correlate of Sleep Loss Over Worry (SLOW) among adolescents in four South-East Asian countries. Sleep Med. 2020;69:179–88.

Agostini, Lushington, Dorrian. Sleep, Bullying, and Physical and Mental Health in Adolescence. Elsevier. 2019 Dec 1;64:S4.

Mega LK, Lia HM, Desri A. Hubungan Tindakan Bullying dengan Tingkat Kecemasan Pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 1 Tanggerang. Jurnal JKFT:Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2019;3:59–69.

Jenita LS, Siprianus A, Agustina LM, Asnia M. Hubungan Antara Perilaku Bullying dengan Efikasi Diri pada Remaja. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale (JKFN). 2021;4(2):83–8.

Rizka D. Hubungan Antara Bullying (korban) dengan Kualitas Tidur pada Siswa. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung; 2024.

Peter KS. Bullying: definition, types, causes, consequences and intervention: bullying. Soc Personal Psychol Compass. 2019;10(9):519–32.

Laras SA, Kurniasari K. Bullying Berhubungan dengan Kejadian Gangguan Cemas pada Pelajar SMA. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan. 2021;4(3):99–105.

Faradian T, Afnal A, Fima LFG, Langi. Hubungan Tingkat Stres dan Kecanduan Smartphone dengan Gangguan Kualitas Tidur pada Remaja di SMA Negeri 9 Binsus Manado. Jurnal KESMAS. 2019;7(5).

Viola A, Septia W. Bentuk dan Dampak Perilaku Bullying Terhadap Peserta Didik. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah. 2020;5(1).

Adam S, Rafiq Z. Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA . Prosiding Sesiomadika. 2019;2(1).

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 49 times
PDF downloaded = 42 times