Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar pada Siswa SMA Negeri 1 Ubud

  • Kadek Berliantara Universitas Warmadewa
  • Putu Asih Primatanti Universitas Warmadewa
  • Ni Wayan Armerinayanti Universitas Warmadewa
Kata Kunci: Stres, Motivasi Belajar, Stres Akademik, Siswa SMA

Abstrak

Stres merupakan gangguan maupun kekacauan mental dan emosional yang dapat diakibatkan oleh faktor internal maupun eksternal. Motivasi belajar adalah suatu keseluruhan daya penggerak dari dalam diri siswa yang dapat menimbulkan kegiatan belajar. Berdasarkan beberapa penelitian, stres pada siswa dapat mempengaruhi motivasi belajar. Oleh karena di SMA Negeri 1 Ubud belum ada penelitian serupa, maka hal tersebut menjadi urgensi untuk melakukan penelitian ini di SMA Negeri 1 Ubud guna melengkapi data penelitian dan agar hasil penelitian dapat berguna bagi sekolah, sehingga sekolah dapat mencegah faktor-faktor penyebab stres pada siswa agar tidak menurunkan motivasi beajar. Metode penelitian ini adalah menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ubud, dengan populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMA Negeri 1 Ubud. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner Perceived of Stress Scale (PSS-10) dan kuesioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ- 18). Selanjutnya, data akan dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan aplikasi SPSS versi 25 dan dengan metode uji spearmen dengan hasil analisis dikatakan signifikan apabila nilai p <0,05. Hasil analisis univariat didapatkan mayoritas siswa berumur 16 tahun (36,2%), berjenis kelamin perempuan (55,7%) dan mayoritas siswa kelas XI (33,8%). Analisis bivariat didapatkan pada uji korelasi spearman diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, koefisien korelasi menunjukan angka 0,241 yang mengartikan bahwa hubungan lemah, koefisien korelasi bernilai negatif mengartikan bahwa hubungan masing-masing variabel berlawanan arah, sehingga semakin tinggi tingkat stres menyebabkan menurunnya motivasi belajar siswa SMA Negeri 1 Ubud.

 

Referensi

Lestari Wm, et al. Pengaruh Stres Kerja, Koniflik Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. J Bisnis Dan Ekon 2020;27(2):100-11.

Reddy Kj, Menon Kr, Thattil A. Academic Stress And Its Sources Among University Students. Biomed Pharmacol J 2018;11(1):531–7.

Dianovinnina K. Depresi Pada Remaja: Gejala Dan Permasalahannya. J Psikogenes 2018;6(1):69–76.

Sayekti E. Efektifitas Teknik Self-Instruction Dalam Mereduksi Stress Akademik Pada Siswa Kelas Xi Ma Yarobi Kec. Grobogan, Kab. Grobogan Tahun 2016/2017. 2017;124.

Djamaluddin A, Wardana. Belajar Dan Pembelajaran. 2019.

Sudarsani L, et al. Hubungan Stress Akademik Dengan Depresi Pada Siswa Mipa Di Sman 4 Denpasar. Coping Community Publ Nurs 2021;9(2):151.

Pratiwi D, et al. Hubungan Stres Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Semester V Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. E-Journal Keperawatan 2018;6(1):1–6.

Makhmuri M, Andini Na. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri Panca Tunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Jemari (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 2020;2(1):21–9.

Deantri F, Sawitri Aas. Proporsi Stres Dan Gejala Psikosomatik Pada Siswa Kelas Xii Sekolah Menengah Atas Di Kota Denpasar. J Bios Logos 2020;10(1):27.

Shofiyah Mn, Salamah M. Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Siswa Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal. J Sains Dan Seni Its 2022;11(1).

Wibowo By. Profil Stres Akademik Pada Siswa Smk Al-Insan Kelas Xii. Prim J Ilm Multidisiplin 2023;1(2):72–9.

Bandura. Efikasi Diri Dengan Stress Akademik Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Semin Nas “Memperkuat Kontribusi Kesehat Ment Dalam Penyelesaian Pandemi Covid-19 Tinj Multidisipliner” 2021;(April):135.

Puspitha, et al. Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. J Major 2018;7:24–33

Gurning A. Hubungan Tingkat Stres Terhadap Tingkat Motivasi Belajar Remaja Kelas Xii Dalam Persiapan Ujian Nasional Di Sma St. Maria Monica, Bekasi Timur. 2017;(26):13–3.

Kusumaningrini Dl, Sudibjo N. The Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Akademika 2021;10(01):145–61.

Malistuti E, Syahza A. Jurnal Pajar ( Pendidikan Dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 2 Maret 2022 | Issn Cetak : 2580 - 8435 | Issn Online : 2614 - 1337 Faktor Penentu Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Determining Factors On Student S ’ Learning Motivation In Economic Less. 2022;6(2017):446–58.

Diterbitkan
2024-06-29
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 5 times
PDF downloaded = 7 times