Hubungan Kualitas Tidur dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa

  • Made Fernanda Arya Dharma Universitas Warmadewa
  • I Made Pariartha Universitas Warmadewa
  • Ni Wayan Diana Ekayani Universitas Warmadewa
Kata Kunci: kualitas tidur, tingkat prestasi, PSQI

Abstrak

Mahasiswa kedokteran memiliki angka prevalensi kualitas tidur yang buruk lebih tinggi dibandingkan dengan populasi mahasiswa lainnya. Adanya waktu tidur yang tidak normal dapat berhubungan kepada stress akademik. Melihat besarnya pengaruh kualitas tidur seseorang terhadap pencapaian prestasi belajar, maka dari itu diperlukan sebuah penelitian yang mengkaji kondisi ini pada cakupan yang lebih spesifik seperti di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan tingkat prestasi mahasiswa FKIK Universitas Warmadewa angkatan 2019, 2020, dan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional Study. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) yang selanjutnya dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dengan metode uji statistik korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menggambarkan kualitas tidur pada setiap angkatan didominasi oleh kualitas tidur buruk dengan rincian 65,6% pada angkatan 2019, 75,4% pada angkatan 2020 dan 73,7% pada angkatan 2021. Tingkat prestasi mahasiswa angkatan 2019 didominasi oleh indikator unggul (56,6%), angkatan 2020 dengan indikator unggul (60,8%), dan angkatan 2021 dengan indikator baik sekali (71,8%). Hasil analisis korelasi menyatakan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan namun tergolong dalam korelasi yang sangat lemah pada angkatan 2019 (r = 0,242; p<0,01), 2020 (r = 0,247; p<0,01), dan 2021 (r = 0,216; p<0,01).

 

Referensi

Lawson HJ, Wellens-Mensah JT, Attah Nantogma S. Evaluation of Sleep Patterns and Self-Reported Academic Performance among Medical Students at the University of Ghana School of Medicine and Dentistry. Sleep Disord. 2019;2019:1–8.

Al-Drees A, Abdulghani H, Irshad M, Baqays AA, Al-Zhrani AA, Alshammari SA, et al. Physical activity and academic achievement among the medical students: A cross-sectional study. Med Teach. 2016;38(March):S66–72.

Pangestu C MMS, Rahmatika A, Oktaria D. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik. Jimki. 2018;6(2):109–16.

Jalali R, Khazaei H, Khaledi Paveh B, Hayrani Z, Menati L. The effect of sleep quality on students’ academic achievement. Adv Med Educ Pract. 2020;11:497–502.

Kriswanto ES, Prasetyowati I, Sunardi J, Suharjana F. The Influence of Quality of Sleep and Physical Activity on Physical Fitness. 2020;(January 2019):465–70.

Maheshwari G, Shaukat F. Impact of Poor Sleep Quality on the Academic Performance of Medical Students. Cureus. 2019;11(4):3–8.

Rao WW, Li W, Qi H, Hong L, Chen C, Li CY, et al. Sleep quality in medical students: a comprehensive meta-analysis of observational studies. Sleep Breath. 2020;24(3):1151–65.

Stefanie, Irawaty E. Hubungan kualitas tidur dengan hasil belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanegara Med J. 2019;1(2):403–9.

Troynikov O, Watson CG, Nawaz N. Sleep environments and sleep physiology: A review. J Therm Biol. 2018;78:192–203.

Moore PJ. Academic achievement and social and emotional learning. Educ Psychol. 2019;39(8):981–3.

Al-Khani AM, Sarhandi MI, Zaghloul MS, Ewid M, Saquib N. A cross-sectional survey on sleep quality, mental health, and academic performance among medical students in Saudi Arabia. BMC Res Notes. 2019;12(1):1–5.

Seoane HA, Moschetto L, Orliacq F, Orliacq J, Serrano E, Cazenave MI, et al. Sleep disruption in medicine students and its relationship with impaired academic performance: A systematic review and meta-analysis. Sleep Med Rev. 2020;53.

Al Shammari MA, Al Amer NA, Al Mulhim SN, Al Mohammedsaleh HN, Alomar RS. The quality of sleep and daytime sleepiness and their association with academic achievement of medical students in the eastern province of Saudi Arabia. J Fam Community Med. 2020;27(2):97–102.

Mona S, Yunita P. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Menara Ilmu. 2021;15(2):117–25.

Nabizadeh S, Hajian S, Sheikhan Z, Rafiei F. Prediction of academic achievement based on learning strategies and outcome expectations among medical students. BMC Med Educ. 2019;19(1):1–11.

Alvarez-Bueno C, Pesce C, Cavero-Redondo I, Sanchez-Lopez M, Garrido-Miguel M, Martinez-Vizcaino V. Academic achievement and physical activity: A meta-analysis. Pediatrics. 2017;140(6).

Diterbitkan
2024-02-26
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 51 times
PDF downloaded = 57 times