Hubungan Aktivitas Fisik dan Pola Makan dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar Usia 9-13 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 12 Dauh Puri

  • Komang Permata Indah Sari
  • Ni Kadek Elmy Saniathi Universitas Warmadewa
  • Dewa Ayu Agung Alit Suka Astini Universitas Warmadewa
Keywords: aktivitas fisik, pola makan, status gizi

Abstract

Indonesia kini dihadapkan pada dua permasalahan gizi, yaitu gizi kurang serta penyakit menular yang tak mampu teratasi dengan keseluruhan hingga saat ini. Kekurangan gizi akan mempengaruhi aktivitas yang diakibatkan oleh malnutrisi dan pola makan yang buruk. Penelitian bertujuan mencari tau korelasi antara  aktivitas fisik serta pola makan pada status gizi anak yang sedang menempuh sekolah dasar umur 9-13 tahun pada SDN 12 Dauh Puri. Penelitian mempergunakan metode analitik kuantitatif , pendekatan cross-sectional dengan pencatatan antropometri dan pengumpulan survei melalui kuesioner. Responden penelitian berjumlah 87 orang memenuhi syarat inklusi penelitian. Data kemudian diuji korelasi dengan Rank spearman (tingkat signifikansi α=0.05). Aktivitas fisik dengan status gizi ditemukan bernilai P=0,520, pola makan dengan status gizi ditemukan bernilai P=0,013. Tak terdapat hubungan yang bermakna diantara aktivitas fisik dan status gizi di Sekolah Dasar Negeri 12 Dauh Puri namun ada korelasi signifikan diantara pola makan dan status gizi pada anak di SDN 12 Dauh Puri.

References

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018;

Kementrian Kesehatan (Kemenkes). Penilaian Status Gizi. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Republik Indonesia. 2017;

Giontella A, Bonafini S, Tagetti A, Bresadola I, Minuz P, Gaudino R, Cavarzere P, Ramaroli DA, Marcon D, Branz L, Principe LN, Antoniazzi F, Maffeis C FC. Relation between Dietary Habits, Physical Activity, and Anthropometric and Vascular Parameters in Children Attending the Primary School in the Verona South District. Nutrients. 2019;11(5).

Octaviani P, Izhar MD AA. Hubungan Pola Makan dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar di SD Negeri 47/IV Kota Jambi. J Kesmas Jambi. 2018;2(2).

Adriani M WB. Peranan Gizi dan Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana; 2012.

Indonesia IDA. Perawakan Pendek pada Anak dan Remaja di Indonesia. 2017;Diakses Juni 2021.

Wijayati W. Hubungan Pola Kebiasaan Makan Seimbang dan Jenis Kelamin dengan Indeks Massa Tubuh pada Siswa MI Nururrisallah Sumberbendo Pare Kediri. J Kesehat Al-Irsyad Vol XIII. 2020;8(2).

Ningsih YA, Suyanto RT. Gambaran Status Gizi pada Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti. J Online Mhs Fak Kedokt. 2016;3(2).

Damayanti AY, Joyeti D OR. Hubungan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam. J Gizi Univ Esa Unggul. 2019;11(2).

Soraya D, Sukandar D ST. Hubungan Pengetahuan Gizi, Tingkat Keukupan Zat Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Guru SMP. J Gizi Indones. 2017;6(1).

Rahmayanti D AE. Pola Makan Anak dengan Status Gizi Anak Usia 6-8 Tahun di SD Wilayah Kelurahan Cempaka. J Keperawatan dan Kesehat. 2016;6(3).

Purwaningrum S WY. Hubungan antara Asupan Makanan dan Status Kesadaran Gizi Keluarga dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Sewon 1, Bantul. Fak Kesehat Masy Univ Ahmad Dahlan. 2012;4(1).

Published
2024-02-26
Section
Articles
Abstract viewed = 197 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 171 times